ANALISIS KINERJA EKSPERIMENTAL CAMPURAN BERASPAL AKIBAT PENGARUH BANJIR/GENANGAN AIR HUJAN = EXPERIMENTAL PERFORMANCE ANALYSIS OF ASPHALT MIXED DUE TO THE EFFECT OF FLOOD / RAINWATER PULL


Asyurah, Muhammad Syakur (2021) ANALISIS KINERJA EKSPERIMENTAL CAMPURAN BERASPAL AKIBAT PENGARUH BANJIR/GENANGAN AIR HUJAN = EXPERIMENTAL PERFORMANCE ANALYSIS OF ASPHALT MIXED DUE TO THE EFFECT OF FLOOD / RAINWATER PULL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171538_skripsi_cover1.jpg

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171538_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171538_skripsi_dp.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171538_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

Perkerasan jalan merupakan hal yang utama untuk menunjang transportasi secara aman, nyaman dan mudah sehingga dibutuhkan perkerasan jalan yang kuat dan awet dalam segala kondisi untuk dipergunakan. Lapis permukaan jalan yang berada dalam kondisi basah dalam waktu yang lama sangat berpengaruh pada umur pelayanan jalan. Kinerja aspal sebagai bahan pengikat akan terganggu oleh campur tangan air yang masuk ke dalam campuran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis karakteristik campuran aspal akibat variasi dan durasi rendaman Air Hujan dan Air Tawar dan menganalisis kinerja durabilitas dalam campuran aspal akibat variasi dan durasi rendaman Air Hujan dan Air Tawar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan secara bertahap, yaitu terdiri atas pengujian agregat (kasar, halus dan filler), dan pengujian terhadap campuran (Uji Marshall) rendaman menerus dengan variasi durasi 0.5 jam, 16 jam, 32 jam, 48 jam, 64 jam, 80 jam, dan 96 jam. Penelitian ini menggunakan sistem pencampuran aspal panas lapis tipis beton aspal (LTBA) berdasarkan Spesifikasi Umum Bidang Jalan dan Jembatan Tahun 2018 Revisi 2, Departemen Pekerjaan Umum.
Perendaman dengan durasi 0.5 jam, 16 jam, 32 jam, 48 jam, 64 jam, 80 jam, dan 96 jam campuran LTBA B – Kasar dengan perendaman Air Hujan dan Air Tawar pada nilai stabilitas dan nilai Marshall Quotient mengalami penurunan, sedangkan nilai flow mengalami kenaikan. Nilai Indeks Durabilitas Pertama (IDP) dan Indeks Durabilitas Kedua (IDK) setelah dilakukan perendaman dengan Air Hujan dan Air Tawar mengalami penurunan atau kehilangan kekuatan untuk semua kondisi benda uji. Semakin lama terendam air hujan campuran LTBA B – Kasar, maka semakin menurunkan tingkat durabilitas campuran baik dilihat dari nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) maupun nilai Indeks Durabilitas.

Keywords : Lapis Tipis Beton Aspal (LTBA B – Kasar), Nilai Karakteristik Marshall, Indeks Durabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: thin layer asphalt concrete (LTBA B – Coarse), Marshall Characteristic Value, Durability Index
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:25
Last Modified: 12 Oct 2022 03:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20879

Actions (login required)

View Item
View Item