Analisis Kinerja Ruas Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak Setelah Operasi Tol Layang Kota Makassar = Performance Analysis Of Hertasning-Tun Abdul Razak Road Section Post Makassar City Elevated Highway Operations


Amal, Ichlas Sul (2022) Analisis Kinerja Ruas Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak Setelah Operasi Tol Layang Kota Makassar = Performance Analysis Of Hertasning-Tun Abdul Razak Road Section Post Makassar City Elevated Highway Operations. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171312_skripsi_cover1.jpg

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171312_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171312_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171312_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kota makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang tingkat pergerakan masyarakatnya relatif tingi, sehingga jika tingginya pergerakan ini tidak diimbangi dengan kapsitas jalan yang memadai akan menimbulkan kemacetan. Maka dari itu, Pemerintah Kota Makassar membuat Tol Layang A.P. Pettarani untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi. Dengan adanya Tol Layang A.P. Pettarani ini, diharapkan dapat memberikan dampak dalam meningkatan kinerja jalan yang dilalui oleh tol layang tersebut. Salah satu jalan yang terdampak akibat adanya tol layang ini adalah Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak setelah pengoperasian Tol Layang A.P. Pettarani Makassar. Selain itu juga untuk membandingkan kinerja ruas Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak sebelum dan setelah tol layang beroperasi.
Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan perhitungan volume dan kapasitas jalan pada 12 titik disepanjang Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak menggunakan metode MKJI 1997. Sehingga dapat diketahui derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa derajat kejenuhan di sepanjang Jalan Hertasning-Tun Abdul Razak berkisar antara 0.11 – 0.73 pada hari kerja dan hari libur. Dan juga jika dibandingkan tingkat pelayanan jalannya sebelum dan sesudah tol layang beroperasi didapatkan bahwa terjadi peningkatan tingkat pelayanan jalan pada beberapa titik walaupun tidak secara signifikan setelah tol layang beroperasi yaitu dari C ke B.

Keywords : Kinerja Lalu Lintas, Tol Layang, Tingkat Pelayanan Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:03
Last Modified: 12 Oct 2022 03:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item
View Item