Sapanang, A. Baso Aditya (2022) Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada grapari telkomsel makassar = INFLUENCE OF CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING AND CUSTOMER BONDING ON CUSTOMER LOYALTY WITH CUSTOMER SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE AT GRAPARI TELKOMSEL MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
A022202009_tesis_12-07-2022 cover1.png
Download (125kB) | Preview
A022202009_tesis_12-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
A022202009_tesis_12-07-2022 dp.pdf
Download (542kB)
A022202009_tesis_12-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
A.Baso Aditya Sapanang 2022 Pengaruh customer relationship marketing dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening pada grapari telkomsel makassar. Dibimbing Oleh Haris Maupa dan Jusni.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh customer relationship marketing dan Customer bonding, terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable intervening. Populasi dalam Penelitian ini adalah corporate customer grapari telkomsel makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 orang dengan menggunakan Teknik random sampling dengan rumus slovin untuk penentuan sampel nya Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunkan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) v.26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari variable customer relationship marketing berpengaruh positif, signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan nilai output statistic yang menyatakan nilai sig < 0,05 namun dengan pengujian menggunakan variable intervening yakni melalui kepuasan pelanggan, customer relationship marketing tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan , dibuktikan dengan nilai pengaruh langsung > nilai pengaruh tidak langsung, variable customer bonding berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan nilai output statistic yang menyatakan nilai sig < 0,05 , dan juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan besarnya nilai pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung, dan yang terakhir kepusan pelanggan berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap loyalitas pelanggan grapari telkomsel makassar ini dibuktikan dengan hasil regresi yang menyatakan tingkat nilai signifikasi < 0.05 sesuai dengan standar dikatakan siginifikannya hasil penelitian.
Keywords : Customer relationship marketing, customer bonding, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | customer relationship marketing, customer bonding, customer satisfaction, customer loyalty |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:42 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20774 |