HUBUNGAN KADAR MAGNESIUM SERUM DENGAN FREKUENSI SERANGAN DAN INTENSITAS NYERI KEPALA TIPE TEGANG = THE RELATIONSHIP OF SERUM MAGNESIUM LEVELS WITH ATTACK FREQUENCY AND INTENSITY TENSION TYPE HEAD PAIN


Jaelani, Amaludin (2022) HUBUNGAN KADAR MAGNESIUM SERUM DENGAN FREKUENSI SERANGAN DAN INTENSITAS NYERI KEPALA TIPE TEGANG = THE RELATIONSHIP OF SERUM MAGNESIUM LEVELS WITH ATTACK FREQUENCY AND INTENSITY TENSION TYPE HEAD PAIN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C155181008_tesis_30-08-2022 cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C155181008_tesis_30-08-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C155181008_tesis_30-08-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C155181008_tesis_30-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
HUBUNGAN KADAR MAGNESIUM SERUM
DENGAN FREKUENSI SERANGAN DAN INTENSITAS
NYERI KEPALA TIPE TEGANG

Pendahuluan : Nyeri kepala tipe tegang (tension type headache) adalah episode nyeri kepala berulang yang berlangsung beberapa menit hingga berminggu-minggu. Rasa sakit biasanya dengan kualitas menekan atau mengikat, intensitas ringan, sedang, sampai berat. lokasi bilateral, tidak bertambah dengan aktivitas fisik. Mual dan muntah biasanya tidak ada, dapat disertai fotofobia atau fonofobia. Salah satu teori utama nyeri kepala tipe tegang menganggap bahwa ada peningkatan sensitivitas nyeri miofascial karena perubahan sistem kontrol nyeri yang berinteraksi dengan gangguan sistem saraf simpatik perifer. Pada satu penelitian, menunjukkan bahwa kadar ion magnesium dari trombosit lebih rendah pada pasien dengan nyeri kepala tipe tegang.

Tujuan : Mengetahui perbedaan antara kadar magnesium serum pada pasien nyeri kepala tipe tegang bentuk frekuensi serangan dan intensitas nyeri.

Metode: Studi deskriptif analitik dengan desain Cross-Sectional. Penelitian dilakukan di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo dan RS.Jejaring dan Puskesmas pada bulan juni - agustus 2022. Statistik dilakukan dengan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25. Protokol disetujui Komite Etik Penelitian Kesehatan Fakultas KedokteranUniversitas Hasanuddin
Hasil : Selama periode penelitian, didapatkan jumlah subjek yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 36 sampel. Pada penelitian ini didapatkan perbedaan bermakna kadar magnesium serum pasien nyeri kepala tipe tegang frekuensi sering dan sedang, dimana kadar magnesium serum pada pasien nyeri kepala tipe tegang frekuensi sering lebih rendah dibanding kadar magnesium serum pasien nyeri kepala tipe tegang (1,86 vs 2,06 p=0,045). Tidak didapatkan perbedaan bermakna kadar magnesium serum pasien dengan intensitas derajat ringan dan sedang ( 2.00mg/dl vs 2.05mg/dl, p=0,766).
Kesimpulan: Kadar magnesium serum lebih rendah pada pasien nyeri kepala tipe tegang frekuensi sering dibanding frekuensi sedang. Tidak didapatkan perbedaan kadar magnesium serum antara pasien nyeri kepala tipe tegang dengan intensitas nyeri sedang maupun ringan.

Kata kunci : Nyeri kepala tipe tegang, Magnesium Serum, Sensitisasi Sentral.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tension type headache. Magnesium Serum. Central Sensitization
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:17
Last Modified: 07 Oct 2022 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20642

Actions (login required)

View Item
View Item