Pengaruh Preventive Control dan Detective Control terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran dengan Akuntabilitas sebagai Variabel Moderasi = The Effect of Preventive Control and Detective Control on the Effectiveness of Budget Implementation with Accountability as Moderating Variable


Sari, Andi Novia Kartika (2022) Pengaruh Preventive Control dan Detective Control terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran dengan Akuntabilitas sebagai Variabel Moderasi = The Effect of Preventive Control and Detective Control on the Effectiveness of Budget Implementation with Accountability as Moderating Variable. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062192004_tesis_07-09-2022 cover1.png

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062192004_tesis_07-09-2022 1-2.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062192004_tesis_07-09-2022 dp.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062192004_tesis_07-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Novia Kartika. Pengaruh Preventive Control dan Detective Control terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran dengan Akuntabilitas sebagai Variabel Moderasi (dibimbing oleh R.A Damayanti dan Darmawati).
Pengendalian internal akan meningkatkan akuntabilitas suatu instansi dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan anggaran yang dilakukan untuk menjamin agar tidak terjadi penyimpangan dari aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh (1) preventive control terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran Kab. Sinjai; (2) detective control terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran Kab. Sinjai; (3) preventive control terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran dengan akuntabilitas sebagai variabel moderasi; dan (4) detective control terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran dengan akuntabilitas sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan agency theory. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SKPD Kab. Sinjai sebanyak 29 SKPD dengan 87 responden. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah SPSS software version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preventive control berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran. Detective control berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran. Akuntabilitas dapat memoderasi preventive control terhadap efektivitas pelaksanaan anggaran. Akuntabilitas dapat memoderasi detective control terhadap pelaksanaan anggaran.

Keywords : Preventive Control, Detective Control, Akuntabilitas, Efektivitas Pelaksanaan Anggaran

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Preventive Control, Detective Control, Accountability, Effectiveness of Budget Implementation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Program Profesi Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:16
Last Modified: 06 Oct 2022 03:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20529

Actions (login required)

View Item
View Item