STRATEGI PEMANFAATAN LIMBAH NON B3 DALAM PEMENUHAN KEY PERFORMANCE INDICATOR DI PT. SEMEN TONASA = NON B3 WASTE UTILIZATION STRATEGY IN FULFILLING KEY PERFORMANACE INDICATORS AT PT. SEMEN TONASA


Universitas Hasanuddin (2022) STRATEGI PEMANFAATAN LIMBAH NON B3 DALAM PEMENUHAN KEY PERFORMANCE INDICATOR DI PT. SEMEN TONASA = NON B3 WASTE UTILIZATION STRATEGY IN FULFILLING KEY PERFORMANACE INDICATORS AT PT. SEMEN TONASA. KODEPRODI61102#SAINS MANAJEMEN - S2.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A022202005_tesis_22-09-2022 cover1.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A022202005_tesis_22-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A022202005_tesis_22-09-2022 dp.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A022202005_tesis_22-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RABENKA PALESA. Strategi Pemanfaatan Limbah Non B3 Dalam Pemenuhan Key Performance Indicator di PT. Semen Tonasa (dibimbing oleh : Nurdin Brasit dan Maat Pono).
Strategi berasal dari bahasa yunani strategia (stratos = militer dan ag = memimpin), yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jenderal. Strategi bisa diartikan sebagai suatu rencana untuk pembagian dan penggunaan kekuatan militer dan material pada daerah - daerah tertentu untuk mencapai tujuan ataupun tindakan tertentu. Strategi adalah ilmu perencanaan dan penentuan arah operasi-operasi bisnis berskala besar, menggerakkan semua sumber daya perusahaan yang dapat menguntungkan secara aktual dalam bisnis, Jhon A. Bryne mendefinisikan strategi adalah sebuah pola yang mendasar dari sasaran dan direncanakan, penyebaran sumber daya dan interaksi organisasi dengan pasar, pesaing, dan faktor-faktor lingkungan. Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis strategi pemanfaatan limbah non B3 dalam pemenuhan key performance indicator di PT. Semen Tonasa dan menganalisis dampak yang ditimbulkan dari strategi serta hambatan yang terjadi dalam strategi pemanfaatan limbah non B3. PT. Semen Tonasa sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh perusahaan berkomitmen untuk menjadi industri persemenan terkemuka di Indonesia yang efisien dan berwawasan lingkungan terus menunjukkan konsistensi dalam menjalankan upaya peningkatan program ramah lingkungan diantaranya dengan cara memanfaatkan limbah non B3 diatas menjadi bahan bakar alternatif. Hasil analisis diagram kuadran analisis SWOT menunjukkan posisi PT. Semen Tonasa dalam pemenuhan strategi pemanfaatan limbah non B3 berada pada kuadran I dari diagram analisis SWOT. Posisi pada kuadran I ini menjelaskan bahwa PT. Semen Tonasa memiliki peluang dan kekuatan sehingga kekuatan internal perusahaan harus dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan peluang yang ada. Kondisi ini adalah dalam rangka mendukung strategi pertumbuhan yang intensif.

Kata kunci : strategi; limbah

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: strategy; waste
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:31
Last Modified: 17 Oct 2022 01:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item
View Item