Analisis Kebijakan Carbon Pricing di Indonesia Sebagai Upaya Pelaksanaan Kewajiban Dalam Paris Agreement = Analysis of Carbon Pricing Policy in Indonesia as am Effort to implement Obligations in the Paris Agreement


Salama, Mochammad Aidil (2022) Analisis Kebijakan Carbon Pricing di Indonesia Sebagai Upaya Pelaksanaan Kewajiban Dalam Paris Agreement = Analysis of Carbon Pricing Policy in Indonesia as am Effort to implement Obligations in the Paris Agreement. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011181408_skripsi_28-07-2022 covver1.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011181408_skripsi_28-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011181408_skripsi_28-07-2022 dp.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011181408_skripsi_28-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MOCHAMMAD AIDIL SALAMA (B011181408) dengan judul “Analisis Kebijakan Carbon Pricing di Indonesia Sebagai Upaya Pelaksanaan Kewajiban Dalam Paris Agreement”. Di bawah bimbingan Laode Muhammad Syarif sebagai Pembimbing I dan Maskun sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kebijakan carbon pricing dan carbon tax dan kewajiban Indonesia dalam Paris Agreement terkait dengan rmenganalisis regulasi carbon pricing di Indonesia dan untuk mengetahui upaya-upaya Indonesia dalam mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) nya.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder yakni buku. Dan bahan hukum tersier. Bahan hukum dianalisis secara kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif.
Adapun hasil penelitian ini bahwa perjanjian internasional seperti UNFCC, Kyoto Protocol, dan Paris Agreement merupakan dasar pembentukan mitigasi melalui green economy dan dari perjanjian inilah terbentuk kebijakan carbon pricing sebagai kebijakan pengendalian emisi. Indonesia sebagai negara anggota Paris Agreement akan melaksanakan kebijakan carbon pricing sebagai upaya pemenuhan target Nationally Determined Contribution (NDC) dalam pengendalian penurunan tingkat emisi gas rumah kaca, meskipun penerapan pajak karbon belum berjalan di Indonesia tetapi pemerintah Indonesia telah membuat peraturan sebagai pendukung carbon Pricing ini dengan membuat regulasi Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) yang mengatur mekanisme jalannya Carbon Pricing sehingga, masyarakat Indonesia yang menjadi subjek pengambilan pajak karbon medapat keadilan dan transparansi

Kata Kunci: Carbon Pricing, Pajak Karbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Carbon Pricing, Carbon Tax.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:21
Last Modified: 30 Sep 2022 06:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item
View Item