Implementasi Integrated Development Environment (IDE) Berbasis Web Untuk Pemrograman Javascript


Mallisa, Inka G (2021) Implementasi Integrated Development Environment (IDE) Berbasis Web Untuk Pemrograman Javascript. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D42114517_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D42114517_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42114517_skripsi_cover1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D42114517_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Perangkat lunak mulai berpindah dari aplikasi desktop ke berbasis Web. Layanan online dengan cepat mengganti produk perangkat lunak tradisional dengan produk yang langsung dapat diakses menggunakan internet. Dampaknya pun terjadi dalam lingkup pendidikan. E-Learning merupakan suatu pendekatan untuk mengembangkan pengetahuan, keterlampilan dan kompetensi melalui sarana berbasis teknologi internet. Dengan adanya e-learning dapat membantu proses belajar mengajar agar lebih optimal. Salah satu penerapan e-learning ialah Learning Management System (LMS). Learning Management System (LMS) merupakan sistem informasi yang membantu administrasi dan berfungsi sebagai platform e-learning content. Dalam perkembangan e-learning saat ini, terlebih bagi pelajar jurusan teknik informatika, LMS yang disediakan oleh universitas masih tergolong sederhana. Oleh karena itu, dalam skripsi ini penulis membangun dan mengembangkan LMS baru dengan tujuan menyempurnakan LMS yang telah ada sebelumnya. Dimana pengembangan berfokus pada pembuatan fitur sistem Integrated Development Environment (IDE). Selain itu, LMS yang dibangun memberikan fasilitas berupa pengumuman tenggang waktu tugas kuliah, bahan kuliah per kelas; seperti materi kuliah, kuis dan forum diskusi untuk pelajar dan penganjar (dosen). Pengembangan LMS diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman JavaScript dengan framework NodeJS, begitu pula dengan pembuatan IDE. IDE ini dapat menerjemahkan bahasa pemograman HTML, CSS dan JavaScript. Selanjutnya ketika sistem telah dibangun, akan dilakukan pengujian terkait analisa desain dan pengukuran kinerja sistem web. Dalam pengujian desain terdapat hasil kuisioner yang disebarkan kepada 25 pelajar mahasiswa semester awal sebagai responden. Kemudian disimpulkan bahwa website LMS yang dibangun sangat bermanfaat dan cukup mudah dimengerti pengaksesannya oleh user atau pelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: web, Learning Management System (LMS), Integrated Development Environment (IDE), Javascript, NodeJS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:21
Last Modified: 29 Sep 2022 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19461

Actions (login required)

View Item
View Item