TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGGABUNGAN PERKARA ISBAT NIKAH DAN CERAI GUGAT PADA PENGADILAN AGAMA MAJENE


Mudjid, Nur Faud (2007) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PENGGABUNGAN PERKARA ISBAT NIKAH DAN CERAI GUGAT PADA PENGADILAN AGAMA MAJENE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
NUR FUAD MUDJID-B11103073.pdf

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Fuad Mudjid (B111 03 073) "Tinjauan Hukum Terhadap Penggabungan Perkara Isbat Nikah dan Cerai Gugat Pada Pengadilan Agama Majene" di bimbing oleh Arfin Hamid selaku Pembimbing I dan Achmad Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemeriksaan perkara isbat nikah dan cerai gugat beserta kendala yang dihadapi para hakim selama proses acara dan untuk mengetahui proses pengajuan keberatan pihak ketiga terhadap putusan isbat nikah.
Penelitian ini dilaksanakan di kantor Pengadilan Agama Majene dengan menggunakan metode wawancara langsung dengan beberapa hakim setempat juga dilakukan studi kepustakaan dengan menelaah beberapa tulisan yang berhubungan dengan topik pembahasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pemeriksaan perkara gabungan isbat nikah dan cerai gugat tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mekanisme secara umum hampir sama dengan pemeriksaan komulasi objektif yang lain, (2) kendala yang dihadapi oleh hakim dalam memeriksa perkara gabungan isbat nikah dan cerai gugat terletak pada tidak adanya aturan baku yang mengatur secara teknis perkara tersebut dan dalam hal pembuktian, (3) proses pengajuan keberatan pihak ketiga terhadap putusan isbat nikah ditempuh dengan cara pengajuan permohonan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:15
Last Modified: 29 Sep 2022 07:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19455

Actions (login required)

View Item
View Item