PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TOKO MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX


Alamsyah, Irfan (2021) PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TOKO MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D42114007_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D42114007_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42114007_skripsi_cover1.jpg

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D42114007_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Supply Chain Management adalah koordinasi yang saling berhubungan antara material, informasi, dan keuangan. Tanpa adanya Supply Chain Management yang efektif, produk tidak akan dapat memenuhi standar yang diinginkan oleh pembeli. Dan juga, buruknya Supply Chain Management juga merupakan sumber dari kegagalan strategi branding produk. Sebagai salah satu pihak yang berada di dalam Supply Chain Management, pihak toko dapat terbantu dengan adanya sistem yang dapat membantu dalam penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan sebuah sistem yang dapat digunakan oleh pihak toko dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process. Untuk memudahkan pihak toko di dalam menggunakan metode Analytical Hierarchy Process, kriteria yang digunakan mengikuti model Marketing Mix yang terdiri dari Product, Price, Place, dan Promotion. Selain itu, sistem dibangun dengan menggunakan library ReactJS dan ExpressJS di mana salah satu kelebihan yang dimiliki adalah kemampuan untuk membangun sistem yang dapat ditampilkan dengan model Single Page Application. Pada kasus ini penelitian dilakukan di Toko Delta yang berada di Kompleks Pasar Maros Baru. Pihak toko menggunakan metode Analytical Hierarchy Proces untuk membandingkan tujuh merek shampoo yang berbeda yaitu Sunsilk, Lifebuoy, Emeron, Clear, Pantene, TRESemmé, dan Rejoice. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membandingkan setiap kriteria sehingga didapatkan perbandingan Product sebesar 9,67%, Price sebesar 55,49%, Place sebesar 9,67%, dan Promotion sebesar 25,16%. Selanjutnya dengan mengikuti model Marketing Mix, pihak toko menentukan subkriteria yang dibandingkan yaitu: Desain, Manfaat, Varian, Penjualan, Untung, Ketersediaan, Popularitas, dan Rating. Setelah membandingkan setiap subkriteria didapatkan perbandingan Desain sebesar 1,03%, Manfaat sebesar 6,12%, Varian sebesar 2,52%, Penjualan sebesar 41,62%, Untung sebesar 13,87%, Ketersediaan sebesar 9,67%, Popularitas sebesar 18,87%, dan Rating sebesar 6,29%. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membandingkan alternatif dengan setiap subkriteria yang ada. Sehingga perbandingan alternatif yang didapatkan adalah Sunsilk dengan 19,81%, Lifebuoy dengan 27,31%, Emeron dengan 3,52%, Clear dengan 23,99%, Pantene dengan 10,62%, TRESemmé dengan 4,41%, dan Rejoice dengan 10,34%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supply Chain Management, Analytical Hierarchy Process, Marketing Mix, ReactJS, dan NodeJS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:52
Last Modified: 29 Sep 2022 06:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item
View Item