KEJAHATAN KEKERASAN TERHADAP WANITA DIKABUPATEN GOWA TAHUN 1993-1998 (Suatu Tinjauan Kriminologis)


Respati, Dyah (2000) KEJAHATAN KEKERASAN TERHADAP WANITA DIKABUPATEN GOWA TAHUN 1993-1998 (Suatu Tinjauan Kriminologis). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of DYAH RESPATI-9402141.docx] Text
DYAH RESPATI-9402141.docx

Download (20kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
DYAH RESPATI-9402141.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kejahatan kekerasan terhadap perempuan yang terjadi dalam kurun waktu 6 tahun terhitung mulai 199.3 sampai dengan 1998, perlu mendapat perhatian karena menimbulkan kerugian dan kecemasan bagi masyrnkat. Dalam hal ini, kejahatun kekerasan yang terjadi sampai pada laporan maupun pengaduan tidak semuanya dapat dituntaskan oleh aparat penegak hukum. Pada penulisan ini ditemukan di lapangan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kejahatan kekerasan di Kabupaten Gowa.
Dalam penyusunan skripsi, penulis memperoleh data di lapangan, berupa data laporan kasus di Polres Gowa, wawancara dengan responden, serta penelitian pustaka. Dori «lata yang diperoleh dapat, diketahui indikasi sebab-sebab timbulnya kejahatan dan upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini. Kemudian» dikemukakan pula perbandingan data yang dituangkan dalam bentuk label. Dari tabel tersebut terlihat faktor yang mempengaruhi tcijadinya kejahatan salah satu diantaranya adalah faktor ekonomi.
Pada bab terakhir dijelaskan upaya-apaya ponanggulangannya yaitu dongan cara mengadakan penelitian untuk mencari faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejahatan, mengadakan pembinaan hukum dan pendidikan tambahan, adanya lembaga khusus yang menangani konsultasi pembelaan terhadap kaum wanita, pembinaan pers daiam penyebaran informasi untuk masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Sep 2022 06:24
Last Modified: 29 Sep 2022 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item
View Item