Karakteristik Faktor Resiko Pasien Stroke Iskemik Yang Dirawat Di Brain Center Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari – September 2019 = Characteristics of Risk Factors for Ischemic Stroke Patients Who Are Treated at the Brain Center of Wahidin Sudirohusodo Hospital Makassar Period January - September 2019


Azisah, Huznul (2020) Karakteristik Faktor Resiko Pasien Stroke Iskemik Yang Dirawat Di Brain Center Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari – September 2019 = Characteristics of Risk Factors for Ischemic Stroke Patients Who Are Treated at the Brain Center of Wahidin Sudirohusodo Hospital Makassar Period January - September 2019. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011171339_skripsi_cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011171339_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (857kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011171339_skripsi_dp.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011171339_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Stroke Iskemik adalah tipe yang paling umum (87 %) hasil dari penelitian Center fo Disease Control and Prevention. Hal ini sesuai dengan gangguan sementara atau persisten atau penurunan aliran darah di area fokal otak, biasanya secara parsial atau total dari arteri serebral. Penyebab biasanya merupakan sumbatan oleh bekuan darah, penyempitan satu atau beberapa arteri yang mengarah ke otak atau embolus yang terlepas dari jantung atau arteri ekstrakrani yang menyebabkan sumbatan atau oklusi pada beberapa arteri intrakrani. Pencegahan, pengenalan dan pengelolaan faktor risiko sangat berperan penting. Perubahan gaya hidup, pola makan yang kurang sehat, dan kurang beraktivitas adalah faktor resiko stroke. Terdapat dua faktor yang memicu tingginya angka kejadian stroke yaitu: Pertama, faktor yang dapat dimodifikasi diantaranya hipertensi, merokok, diabetes, dan jantung bawaan. Kedua, faktor yang tidak dapat dimodifikasi diantaranya usia, jenis kelamin, pekerjaan dan dimana diketahui bahwa faktor resiko utama stroke adalah hipertensi kronik atau yang biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai karakteristik Faktor Resiko Pasien Stroke Iskemik Yang Dirawat Di Brain Center Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari - September 2019. Tujuan : Untuk mengetahui Karakteristik Faktor Resiko Pasien Stroke Iskemik Yang Dirawat Di Brain Center Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari - September 2019. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif observasional dengan pendekatan retrospektif dengan menggunakan data sekunder dari hasil rekam medik di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari - September 2019. Hasil dan Kesimpulan : Berdasarkan data yang dikumpulkan, didapatkan 50 sampel pasien stroke iskemik. Proporsi tertinggi berdasarkan umur berada pada kelompok usia dewasa sebanyak 96%, berdasarkan jenis kelamin pada jenis kelamin laki- laki sebanyak 72%, berdasarkan pekerjaan yaitu PNS sebanyak 30%, berdasarkan riwayat hipertensi yaitu yang memiliki riwayat hipertensi sebanyak 96%, berdasarkan riwayat diabetes yaitu yang memiliki riwayat diabetes sebanyak 76%, berdasarkan konsusmsi rokok yaitu yang tidak merokok sebanyak 76%, dan berdasarkan riwayat penyakit jantung bawaan yaitu yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung bawaan sebanyak 56%.

Kata Kunci : Karakteristik, Faktor resiko, Stroke Iskemik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Characteristics, Risk Factors, Ischemic Stroke
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:33
Last Modified: 29 Sep 2022 03:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item
View Item