Hubungan Ketombe Dengan Tingkat Pengetahuan, Kejadian Gatal, Dan Perilaku Individu Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = The Relationship between Dandruff and Knowledge Level, Itching Incidence, and Individual Behavior in Students of the Hasanuddin University Faculty of Medicine


Hajrin, Andi Muhammad (2019) Hubungan Ketombe Dengan Tingkat Pengetahuan, Kejadian Gatal, Dan Perilaku Individu Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = The Relationship between Dandruff and Knowledge Level, Itching Incidence, and Individual Behavior in Students of the Hasanuddin University Faculty of Medicine. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C11116816_skripsi_cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C11116816_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C11116816_skripsi_dp.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C11116816_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ketombe adalah suatu gangguan kulit kepala yang ditandai dengan adanya skuama atau sisik berwarna putih atau abu-abu pada rambut kepala dengan jumlah yang bervariasi. Ketombe dapat menyebabkan rasa tertekan secara psikis, gangguan estetika atau kosmetik, dan keluhan rasa gatal yang menyertainya.Ketombe dapat menyebabkan rasa malu , khawatir, tidak nyaman bahkan tidak jarang mengganggu kualitas hidup dan mempengaruhi kehidupan sosial penderitanya. Tingkat stres biasanya tertinggi terjadi pada usia remaja hingga dewasa muda dikarenakan terjadinya perubahan fase hidup yang cepat dari anak-anak menuju dewasa. Angka kejadian stres juga berbeda antara pria dan wanita dimana pria lebih tinggi angka kejadian stresnya dibandingkan dengan wanita yaitu 36% pada pria dan 28% pada wanita.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyebab & bagamaina perilaku kejadian pada penderita ketombe di Fakultas Kedokteran. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan acuan untuk penelitian selanjutnya dalam melakukan pengembangan penelitian tentang ketombe. Populasi target dalam penelitian ini adalah remaja usia 17 tahun dan populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah remaja berjenis kelamin laki-laki & perempuan usia 17 tahun keatas.
Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pendekatan kohort prospektif yaitu penelitian yang mengidentifikasi terlebih dahulu kausa atau faktor risikonya, kemudian sekelompok subjek diberikan perlakuan lalu diikuti secara prospektif selama periode tertentu untuk menentukan terjadi atau tidaknya efek.
Berdasarkan hasil dan analisis serta pembahasan penelitian, penyebab dan perilaku kejadian ketombe pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 14 pertanyaan sebagai alat ukur pembanding didapatkan mayoritas yang pernah mengalami ketombe pada kulit kepala yaitu sebanyak 157 orang (88,7%) dan yang belum atau tidak pernah mengalami ketombe pada kulit kepala yaitu sebanyak 20 orang (11,3%).

Kata kunci : ketombe, stress, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketombe, stress, mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:18
Last Modified: 29 Sep 2022 03:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item
View Item