HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA WANITA YANG MELAKUKAN PEMERIKSAAN USG PAYUDARA DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = RELATIONSHIPS OF KNOWLEDGE LEVELS ABOUT BREAST CANCER WITH EARLY DETECTION BEHAVIOR OF BREAST CANCER IN WOMEN WHO DO INVESTMENT OF BREAST USG IN HOSPITAL EDUCATION IN HASANUDDIN UNIVERSITY


Hakim, Kustiah (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA WANITA YANG MELAKUKAN PEMERIKSAAN USG PAYUDARA DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = RELATIONSHIPS OF KNOWLEDGE LEVELS ABOUT BREAST CANCER WITH EARLY DETECTION BEHAVIOR OF BREAST CANCER IN WOMEN WHO DO INVESTMENT OF BREAST USG IN HOSPITAL EDUCATION IN HASANUDDIN UNIVERSITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C11116304_skripsi_cover1.jpg

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C11116304_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C11116304_skripsi_dp.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C11116304_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kanker payudara/ Breast Cancer (BC) merupakan kanker yang menyebabkan angka mortalitas tertinggi pada wanita diantara kanker yang lain. Di Indonesia kanker payudara menempati urutan pertama kanker paling banyak pada perempuan. Insidensi penderita kanker payudara adalah 20% dari seluruh keganasan (American Cancer Society, 2011).Peningkatan insiden kanker payudara disebabkan oleh adanya perubahan keadaan sosial ekonomi, perubahan gaya hidup, serta perubahan pola menstruasi pada wanita.

Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik,dilaksanakan mulai bulan September sampai Oktober 2019 di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin.Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel 88 responden yamh diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik total sampling.Data diolah dengan uji statstik korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku deteksi dini kanker payudara.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan tidak adanya korelasi r (korelasi) = 0,127 yang artinya kuatnya hubungan antara pengetahuan kanker payudara dan perilaku deteksi dini kanker payudara adalah sangat rendah tapi memiliki hubungan yang positif atau searah,sedangkan nilai p (probabilitas) = 0,217 atau p >0,05 yang artinya tidak signifikan.

Kesimpulan: Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara pengetahuan kanker payudara dengan perilaku deteksi dini kanker payudara

Kata Kunci: Pengetahuan kanker payudara, perilaku deteksi dini kanker payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Knowledge of breast cancer, early breast cancer detection behavior
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:00
Last Modified: 29 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19243

Actions (login required)

View Item
View Item