PENGAWASAN DPRD TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH DI KOTA MAKASSAR = DPRD SUPERVISION OF REGIONAL INCOME AND EXPENDITURE BUDGET MANAGEMENT IN MAKASSAR CITY


Bym, Ernita Rahmadhani (2022) PENGAWASAN DPRD TERHADAP PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH DI KOTA MAKASSAR = DPRD SUPERVISION OF REGIONAL INCOME AND EXPENDITURE BUDGET MANAGEMENT IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012182052_tesis_cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012182052_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012182052_tesis_dp.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012182052_tesis_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ERNITA RAHMADHANI BYM (B012182052), Pengawasan DPRD Terhadap Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Dae-rah Kota Makassar. Dibimbing oleh Andi Pangerang Moenta dan Zulkifli Aspan.
Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui dan menganalisis bagaimana bentuk pengawasan DPRD terhadap pengelolaan APBD di Kota Makassar dan Bagaimana pelaksa-naan Pengawasan terhadap pengelolaan APBD di Kota Makas-sar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dengan menggunakan metode penelitian normatif empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah Penelitian Lapangan dengan mewawancarai pihak yang terkait dan melakukan studi kepustakaan. Data yang didapatkan dari hasil wawancara dan kepustakaan akan di uraikan secara sistematis untuk menjawab permasalahan yang ada.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa Bentuk pengawasan DPRD terhadap APBD diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap pelaksanaan perda yang metiputi rapat kerja komisi dengan pemerintah daerah, kunjungan kerja dan peninjauan lapangan, rapat dengar pendapat umum, pengaduan masyarakat. Mengenai efektivitas pelaksanaan pengawasan DPRD belum efektif dikarenakan adanya beberapa hal, seperti tidak adanya SOP tentang tata cara pengawasan terhadap APBD yang jelas, serta kurangnya SDM yang mampu mendukung pelaksanaan pengawasan secara efektif.

Keywords : Pengawasan DPRD, APBD

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: DPRD Supervision, APBD
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:35
Last Modified: 29 Sep 2022 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19231

Actions (login required)

View Item
View Item