PELAKSANAAN PEMBAGIAN WARISAN BERDASARKAN ADAT MASSEREK DI KABUPATEN MAMASA = IMPLEMENTATION OF INHERITANCE DISTRIBUTION BASED ON MASSEREK CUSTOMS IN MAMASA


Daud, Fanjuinata (2022) PELAKSANAAN PEMBAGIAN WARISAN BERDASARKAN ADAT MASSEREK DI KABUPATEN MAMASA = IMPLEMENTATION OF INHERITANCE DISTRIBUTION BASED ON MASSEREK CUSTOMS IN MAMASA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011181097_skripsi_cover1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011181097_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011181097_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011181097_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Fanjuinata Daud (B011181097) dengan judul “Pelaksanaan Pembagian Warisan Berdasarkan Adat Masserek di Kabupaten Mamasa”, di bawah bimbingan Andi Suriyaman M. Pide sebagai pembimbing utama dan Amaliyah sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan memahami sistem pewarisan berdasarkan hukum adat di Kabupaten Mamasa. Selain itu, bertujuan untuk menguraikan dan memahami praktik pembagian warisan berdasarkan adat masserek di Kabupaten Mamasa.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rambusaratu, Kabupaten Mamasa, dengan metode penelitian empiris yang diawali dengan penentuan sampel melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara secara langsung dengan narasumber, informan dan responden. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan membaca berbagai literatur berupa buku, artikel ilmiah, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini, yaitu pembagian warisan dengan adat masserek dilaksanakan dengan sistem pewarisan individual yang keputusannya diakui dan diterima oleh masyarakat Mamasa secara umum sebab segala sangka’ yang dikeluarkan oleh Rambusaratu merupakan keputusan tertinggi. Selanjutnya perolehan bagian terhadap warisan tidak mutlak sama besar sebab pembagian warisan didasarkan keadilan yang bersumber dari pertimbangan akan pengorbanan terhadap pewaris.

Kata Kunci : Adat, Masserek, Warisan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Custom, Masserek, Inheritance
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:27
Last Modified: 29 Sep 2022 02:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item
View Item