IDENTIFIKASI MIKROPLASTIK UDARA DALAM RUANGAN SEKOLAH DI JALAN ARTERI KOTA MAKASSAR


FIYANDA, ANDI DANIA TRISKA (2022) IDENTIFIKASI MIKROPLASTIK UDARA DALAM RUANGAN SEKOLAH DI JALAN ARTERI KOTA MAKASSAR. Departemen Teknik Lingkungan. pp. 1-19.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Jurnal Andi Dania Triska Fiyanda D131181015.pdf

Download (577kB)

Abstract (Abstrak)

Mikroplastik merupakan pengertian dari plastik yang memiliki diameter utama yang kurang dari 5 mm yang keberadaannya telah diverifikasi ada di mana-mana di lingkungan kita, terutama di lingkungan dalam ruangan. Penelitian bertujuan mengidentifikasi kelimpahan mikroplastik dan karakteristiknya serta menganalisis hubungan karakteristik ruangan dengan kelimpahan mikroplastik dalam ruangan
sekolah di jalan arteri Kota Makassar.
Pengambilan sampel dilakukan selama 4 hari yang terdiri atas 2 hari kerja dan 2 hari libur dengan durasi pengambilan sampel selama 24 jam pada dua ruang kelas dengan karakteristik yang sama di tiga sekolah yang terletak pada jalan arteri di Kota Makassar. Mikroplastik udara berasal dari sampel debu jatuh yang diamati secara visual menggunakan mikroskop portable yang karakteristik mikroplastiknya dianalisis menggunakan aplikasi image-J.
Hasil penelitian menunjukkan kelimpahan mikroplastik dalam ruangan lebih banyak ditemukan pada hari kerja dibanding hari libur dengan rincian konsentrasi mikroplastik tertinggi di SMP Negeri 6 Makassar sebesar 8223 MPS/m2/hari pada hari kerja dan terendah di SMA Negeri 1 Makassar pada hari libur sebesar 261 MPS/m2/hari Jenis mikroplastik yang paling dominan adalah fiber dan warna mikroplastik yang paling dominan adalah warna hijau. Hasil analisis statistik dan deskriptif yang diperoleh menunjukkan bahwa selain waktu pengukuran, hubungan karakteristik ruangan terhadap kelimpahan mikroplastik memiliki nilai yang tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mikroplastik, kelas, karakteristik kelas
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:02
Last Modified: 19 Sep 2022 06:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item
View Item