FORMULASI TEPUNG KOMPOSIT TALAS JEPANG (Colocasia esculenta var. antiquorum) DAN JEWAWUT (Setaria italica) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BREAKFAST MEAL FLAKES


Nela Rahmah Kasim, Zainal, Jumriah Langkong (2022) FORMULASI TEPUNG KOMPOSIT TALAS JEPANG (Colocasia esculenta var. antiquorum) DAN JEWAWUT (Setaria italica) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN BREAKFAST MEAL FLAKES. PROGRAM STUDI ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN, DEPARTEMEN TEKNOLOGI PERTANIAN.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Handout Seminar Hasil Nela.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Flakes merupakan salah satu jenis sereal sarapan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena praktis untuk disajikan dan juga memiliki kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh untuk melakukan aktivitas. Flakes yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat umumnya terbuat dari gandum dan jagung. Namun, masih banyak jenis bahan pangan lainnya yang dapat diolah menjadi flakes misalnya umbi-umbian seperti talas jepang dan serealia seperti jewawut. Flakes yang dibuat menggunakan bahan baku talas jepang dan jewawut diharapkan memiliki kandungan karakteristik dan kandungan nilai gizi yang tidak kalah dari flakes yang terbuat dari gandum atau jagung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui formulasi terbaik tepung talas jepang dan tepung jewawut dalam pembuatan flakesdan mengetahui karakteritik sensori dan fisikokimia flakes yang dihasilkan dari formulasi tepung komposit talas jepang dan jewawut. Metode penelitian ini yaitu menggunkan 5 formulasi tepung talas jepang : tepung jewawut yang terdiri dari P1 (80% : 20%), P2 (60% : 40%), P3 (50% : 50%) P4 (40% : 60%) dan P5 (20% : 80%) yang akan diuji organoleptik kemudian 3 formulasi terbaik dari hasil pengujian organoleptik dilanjutkan dengan pengujian fisikokimia berupa pengujian kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar serat pangan, pengujian tingkat kekerasan dan ketahanan renyah dalam susu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu formulasi terbaik produk flakes yang dipilih oleh panelis berdasarkan hasil pengujian organoleptik yaitu formulasi P5 (tepung talas jepang 20% : tepung jewawut 80%), P4 (tepung talas jepang 40% : tepung jewawut 60%) dan P3 (tepung talas jepang 50% : tepung jewawut 50%) Produk flakes yang dihasilkan memiliki karakteristik sensori menghasilkan warna cokelat muda hingga cokelat tua, aroma khas bahan baku yang digunakan, rasa yang lumayan enak sehingga memebrikan penilaian yang agak disukai hingga disukai oleh panelis dan tekstur yang cukup renyah. Produk flakes yang dihasilkan memiliki karakteristik kimia berupa kadar air air yang berkisar antara 7,23-8,22%, kadar abu 1,62-2,89%, kadar protein 11,49-12,45%, kadar lemak 3,35-4-34%, kadar serat kasar 11,45-12,46% dan kadar karbohidrat sebesar 73,63-74,26%. Karakteristik fisik dari produk flakes yang dihasilkan yaitu memiliki tinngkat kekerasan yang berkisar antara 3330-3723,33 gf dan ketahanan renyah dalam susu selama 179,67-241 detik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flakes, formulasi, jewawut, talas jepang
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:56
Last Modified: 16 Sep 2022 02:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item
View Item