KAJIAN ANALITIS PENGARUH PENAMBANGAN PASIR TERHADAPAT PERUBAHAN GARIS PANTAI DI PESISIR PANTAI GALESONG TAKALAR = ANALYTICAL STUDY OF THE IMPACT OF SAND MINING ON SHORELINE CHANGES ON THE GALESONG TAKALAR COAST


Utama, Muh. Alif Putra (2021) KAJIAN ANALITIS PENGARUH PENAMBANGAN PASIR TERHADAPAT PERUBAHAN GARIS PANTAI DI PESISIR PANTAI GALESONG TAKALAR = ANALYTICAL STUDY OF THE IMPACT OF SAND MINING ON SHORELINE CHANGES ON THE GALESONG TAKALAR COAST. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116303_skripsi cover1.jpg

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116303_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116303_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Pada dasarnya daerah pantai berada dalam kondisi setimbang dinamis. Aktivitas manusia di daerah pantai dapat mengakibatkan gangguan terhadapat kondisi setimbang pantai, misalnya pengerukan, reklamasi, penambangan pasir dan terdapat bangunan pantai yang mengganggu pola aliran arus dan gelombang. Penambngan pasir di perairan selatan Kabupaten Takalar berpotensi menyebabkan perubahan garis pantai di pesisir Kecamatan Galesong. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dilakukan kajian profil pantai di Kecamatan Galesong pada kondisi sebelum dan sesudah penambangan untuk mengetahui pengaruh kedalaman penambangan pasir terhadap perubahan garis pantai.
Penelitian dilakukan di pesisir pantai Galesong Takalar, dengan mengambil sampel sedimen sebanyak 15 titik. Sampel sedimen dianalisis di Laboratorium Geoteknik Pantai dan Survey Kelautan Fakultas Teknik Univeristas Hasanuddin untuk mendaptakan diameter rata-rata (D50). Berdasarkam data D50, dilakukan perhitungan nilai parameter bentuk sedimen (A). Dengan menggunakan A dan jarak dari garis pantai, maka profil pantai dihitung dengan menggunakan metode Brunn dan Dean. Hasil perhitungan profil pantai divalidasi dengan menggunakan data bathimetri yang diperoleh dari situs tides.big.go.id.
Hasil analisis data memperlihatkan profil pantai dengan menggunakan hitungan memiliki kondisi yang relatif sama dengan data bathimetri. Hasil lain menunjukkan bahwa, semakin tinggi nilai kedalaman relatif penambangan (∆h/h0), maka kemunduran relatif garis pantai juga semakin besar(∆x/x0) dan apabila dilakukan penambangan dengan kedalaman 26 meter maka garis pantai akan mengalami kemunduran 281 meter, dengan kondisi tersebut akan mengancam pemukiman penduduk.

Keywords : Penambangan Pasir, Perubahan Garis pantai, Metode Brunn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sand mining, shore line transformation, brunn method
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:44
Last Modified: 29 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item
View Item