ANALISIS INDEKS KERENTANAN KAWASAN PESISIR KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR = VULNERABILTY INDEX ANALYSIS OF COASTAL AREA OF MAPPAKASUNGGU DISTRICT, TAKALAR REGENCY


Masri, Andi Muhammad Maulid (2020) ANALISIS INDEKS KERENTANAN KAWASAN PESISIR KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR = VULNERABILTY INDEX ANALYSIS OF COASTAL AREA OF MAPPAKASUNGGU DISTRICT, TAKALAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116014_skripsi cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116014_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116014_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116014_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Wilayah pesisir merupakan wilayah yang rentan terhadap faktor lingkungan seperti perubahan iklim dan terhadap naiknya permukaan laut. Kecamatan Mappakasunggu merupakan wilayah yang aktivitasya bergantung pada wilayah pesisir. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kerentanan pesisir dan mengakibatkkan timbulnya masalah berupa kerusakan pantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerentanan pesisir dan prioritas penanganan kerusakan pantai di wilayah pesisir Kecamatan Mappakasunggu
Metode pada penelitian ini meliputi analisis tingkat kerentanan wilayah pesisir menggunakan metode IKP (Indeks Kerentanan Pesisir) yang terdiri dari parameter yaitu perubahan garis pantai, kemiringan pantai, tinggi gelombang signifinak dan tunggang pasang surut. Nilai IKP kemudian diintegrasikan dalam SIG (Sistem Informasi Geospasial), sehingga diperoleh kerentanan wilayah pesisir berupa informasi spasial. Serta penilaian kerusakan pantai dan prioritas penanganannya yang mengacu pada SE PU No. 08 Tahun 2010 yang tediri dari 3 kriteria penilian kerusakan pantai berupa kriteria lingkungan, kriteria erosi/abrasi dan kerusakan bangunan serta kriteria sedimentasi muara. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dari pengamatan lapangan dan data sekunder diperoleh dengan mengunduh pada situs yang menyediakan kebutuhan data.
Hasil yang diperoleh dari metode IKP menunjukkan bahwa tingkat kerentanan pesisir Kecamatan Mappakasunggu ada dua kategori yaitu kategori kerentanan tinggi berada di segmen A, B, C, D dan E dengan nilai IKP sebesar 3,27-3,77 dan kerentanan sangat tinggi berada di segmenn F dengan nilai IKP sebesar 4,02. Prioritas penanganan kerusakan pantai di wilayah Kecamatan Mappakasunggu berdasarkan kategori kerusakan lingkungan dengan tingkat prioritas sangat diutamakan dan kategori kerusakan erosi/abrasi dengan tingkat prioritas tidak diutamakan, serta kategori kerusakan sedimentasi pada Muara Sungai Takalar dan Muara Sungai Pappa dengan tingkat prioritas tidak diutamakan.

Keywords : IKP, Kecamatan Mappakasunggu, Kerusakan Pantai, Prioritas Penanganan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Coastal Damage, Handling Priority, IKP, Mappakasunggu District
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:36
Last Modified: 29 Sep 2022 01:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item
View Item