Muis, Abdul (2021) INVESTIGASI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL CEPAT DENGAN LAMBUNG DEADRISE ANGEL DAN STEPPED HULL BERBENTUK U = EXPERIMENTAL INVESTIGATION OF FAST SHIP WITH ANGEL'S DEADRISE HULL AND U-Shape STEPPED HULL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D31116505_skripsi_cover1.jpg
Download (275kB) | Preview
D31116505_skripsi_bab 1-2.pdf
Download (727kB)
D31116505_skripsi_dp.pdf
Download (103kB)
D31116505_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
Abdul Muis / D311 16 505. ”INVESTIGASI EKSPERIMEN TAHANAN KAPAL CEPAT DENGAN LAMBUNG DEADRISE ANGEL DAN STEPPED HULL BERBENTUK U ”.
(Dibimbing oleh Ir. Hj. Rosmani, M.T. dan Ir. Lukman Bochary, M.T.)
Pesatnya perkembangan teknologi telah merambah ke dunia perkapalan, tidak terkeculi kapal cepat. Kini berbagai strategi untuk menciptakan kapal berkecepatan tinggi dengan nilai hambatan sekecil-kecilnya telah menghasilkan berbagai jenis modifikasi lambung, salah satunya adalah kapal berbentuk lambung deadrise angle dengan penambahan Stepped hull.Adapun prinsip dasar dari penggunaan Stepped mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Variasi deadrise angle yang digunakan adalah 5°, Sedangkan desain bentuk Stepped yaitu Stepped U. Jumlah Stepped yang didesain dikategorikan menjadi satu, dua, dan tiga Stepped. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nilai tahanan model kapal pada setiap kondisi trim berdasarkan analisis aplikasi maxsurf . Penelitian ini dilakukan melalui untuk mendapatkan kecepatan dan derajat trim model kapal, yang selanjutnya akan menjadi data dalam penentuan nilai tahanan menggunakan aplikasi maxsurf. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bagaimana pengaruh kenaikan trim dan hubungannya dengan tahanan model kapal pada setiap kecepatan yang berbeda. Berdasarkan analisa tahanan pada lambung deadrise angle 5o Stepped U, diketahui bahwa tahanan total kapal cenderung berkurang seiring dengan penambahan jumlah Stepped serta peningkatan kondisi trim kapal. Pada model kapal 3 Stepped U memiliki nilai tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan model kapal tanpa stepped, 1 Stepped U dan 2 Stepped U. Sehingga dapat disimpulkan semakin besar kondisi trim akibat penambahan kecepatan maka nilai tahanan kapal berkurang karena pengurangan luas bidang basah kapal
Kata Kunci : Deadrise angel, Stepped hull, Tahanan kapal, Aplikasi Maxsurf
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deadrise angel, Stepped hull, Ship Resistance, Maxsurf Application |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 01:25 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 01:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19063 |