STUDI TAHANAN SEMI PLANNING HULL BENTUK STEPPED DENGAN AUTODESK CFD = STUDY OF STEPPED HULL SEMI PLANING RESISTANCE WITH AUTODESK CFD APPLICATION


Muhady, Trias (2021) STUDI TAHANAN SEMI PLANNING HULL BENTUK STEPPED DENGAN AUTODESK CFD = STUDY OF STEPPED HULL SEMI PLANING RESISTANCE WITH AUTODESK CFD APPLICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116313_skripsi_cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116313_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116313_skripsi_dp.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Dewasa ini, trend desain kapal cepat mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa dan keselamatan saat berlayar di lautan, salah satunya pada modifikasi hull. Salah satu cara modifikasi hull ialah penambahan bentuk stepped hull. Prinsip dari penggunaaan stepped hull adalah mengurangi permukaan basah (weted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Desain bentuk stepped yang diteliti yaitu model stepped V, U, W, dan 2-U dengan luas penampang yang sama yaitu sekitar 4,1899 m2. Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped hull. Tiga kondisi lambung diasumsikan menjadi 3 tingkatan kemiringan yaitu kondisi trim buritan 1°, trim buritan 2°, dan 3° trim buritan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinocero 6 untuk melakukan pemodelan kapal serta Autodesk CFD untuk melakukan proses analisa nilai tahanan kapal. Kenaikan nilai tahanan tanpa stepped yang terbesar terjadi pada pada kondisi trim 1.5° - 2° yaitu sebesar 39 % dan mengalami penurunan 4 % pada kondisi trim 2,5° - 3°. Nilai tahanan model kapal 1 stepped bentuk 2-U, 12 % lebih kecil diabndingkan bentuk U pada kecepatn tinggi, sedangkan model kapal 3 stepped bentuk W memiliki nilai tahan terkecil yaitu 1.874 N. Perubahan kenaikan tahanan yang menurun terjadi pada kondisi trim 3° dengan rata-rata Froude number volume 2.81 – 4.02 sebesar 2.98 % setiap bentuk stepped. Tahanan total kapal cenderung mengecil seiring dengan penambahan stepped dari bentuk lambung 1 stepped sampai bentuk lambung 3 stepped serta semakin tinggi derajat trim maka nilai dari tahanan kapal akan berkurang disebabkan luas permukaan basah berkurang walaupun pada kecepatan yang sama.

Keywords : Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semi Planing Hull, Stepped, Ship Trim, Ship Resistance, Numerical Method
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:20
Last Modified: 29 Sep 2022 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item
View Item