SIMULASI NUMERIK DYNAMIC STABILITY PADA KAPAL DI GELOMBANG = NUMERICAL METHOD SIMULATION OF DYNAMIC STABILITY ON SHIP IN WAVES


Hasim, Abdul Wahid (2021) SIMULASI NUMERIK DYNAMIC STABILITY PADA KAPAL DI GELOMBANG = NUMERICAL METHOD SIMULATION OF DYNAMIC STABILITY ON SHIP IN WAVES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116307_skripsi cover1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116307_skripsi bab 1-2.pdf

Download (812kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116307_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116307_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satau fokus pengembangan oleh IMO yaitu Pure Loss of Stability, Pure Loss Stability adalah fenomena dimana nilai dari ketinggian metasentra awal (MG) bernilai negatif diakibatkan oleh berkurangnya luas penampang garis air yang terjadi pada saat kapal berlayar melalui puncak gelombang. Oleh karena itu untuk mengetahui kemampuan stabilitas kapal di gelombang maka pada penelitian ini di fokuskan untuk mengetahui formulasi numerik dalam penentuan properti penampang garis air yang akan digunakan untuk melacak kemampuan stabilitas kapal di gelombang. Adapun hasil yang diperoleh bahwa bentuk penampang garis air di gelombang dapat digambarkan menggunakan persamaan y_u= -y_n cos⁡φ+z_n sin⁡φ dan y_i= y_n cos⁡φ+z_n sin⁡φ hanya jika nilai y_ndan z_n dapat memenuhi persamaan z_u=-y_n sin⁡(-φ)+z_n cos⁡φ dan z_i=-y_n sin⁡φ+z_n cos⁡φ dimana z_u,z_i=z_Gelombang. Perhatikan bahwa y_u adalah lebar penampang kapal oleng bagian portside, y_i adalah lebar penampang kapal oleng bagian starboard, y_n adalah lebar penampang kapal kondisi kapal tegak untuk setiap z_n, dan z_n adalah ordinat tinggi kapal kondisi kapal tegak. Dengan menggunakan persamaan tersebut pada kapal general cargo KM Ovale hasil analisis kemampuan stabilitas kapal di gelombang diperoleh bahwa kemampuan stabilitas kapal sangat rentan jika letak puncak gelombang terletak pada bagian tengah kapal ditandai dengan nilai GZ maksimum pada sudut keolengan 20 derajat kehilangan sebesar 51.14% dibandingkan dengan nilai GZ pada kondisi kapal tegak.

Keywords : Pure Loss Stability, Second generation intact stability, General cargo, simulasi metode numerik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pure Loss Stability, Second generation intact stability, General cargo, numerical method simulation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:18
Last Modified: 29 Sep 2022 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item
View Item