Evaluasi Kriteria Cuaca Pada Kapal Ferry Ro-Ro Berdasarkan Pengujian Model (Studi Kasus KMP Munggiyango Hulalo) = Evaluation of Weather Criteria on Ro-Ro Ferry based on Model Testing (Case Study of KMP Munggiyango Hulalo)


Yusuf, Ardedi (2021) Evaluasi Kriteria Cuaca Pada Kapal Ferry Ro-Ro Berdasarkan Pengujian Model (Studi Kasus KMP Munggiyango Hulalo) = Evaluation of Weather Criteria on Ro-Ro Ferry based on Model Testing (Case Study of KMP Munggiyango Hulalo). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31115028_skripsi_cover1.jpg

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31115028_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31115028_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31115028_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Parameter penting yang berhubungan dengan masalah keselamatan kapal dalam pelayaran adalah stabilitas. Kriteria cuaca diadopsi sebagai bagian dari kriteria stabilitas. Untuk kapal dengan ratio rancangan lebar dan sarat yang lebih besar dari 3,5, factor redaman dalam kriteria cuaca bisa di taksir terlalu tinggi. Melihat kondisi tersebut penulis hendak meneliti evaluasi kriteria cuaca terhadap KMP Munggiyango Hulalo dimana kapal tersebut adalah salah satu kapal yang memiliki perbandingan lebar dan sarat yang lebih besar dari 3,5 dan juga memiliki bilge keel sebagaimana yang terdapat dalam perhitungan kriteria cuaca International Maritime Organization (IMO) dengan tujuan untuk mengetahui variasi distribusi muatan terhadap gerak oleng kapal pada gelombang dan mengevaluasi kriteria cuaca IMO terhadap kapal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan memvariasikan distribusi muatan dari model kapal pada kondisi muatan berada pada sisi kapal menggunakan bilge keel (A1), kondisi muatan berada pada sisi kapal tanpa bilge keel (A2), kondisi muatan berada pada tengah kapal menggunakan bilge keel (B1), dan kondisi muatan berada pada tengah kapal tanpa bilge keel (B2), dianalisa menggunakan formula kriteria cuaca pada International Maritime Organization. Adapun hasil yang diperoleh pada perbandingan sudut oleng kapal dengan kondisi A1 dan A2 sebesar 47.28% sedangkan perbandingan sudut oleng kapal dengan kondisi B1 dan B2 sebesar 59.18%. Dengan sudut oleng maksimum 23.10o terjadi pada kondisi A1 dan sudut oleng minimum 7.31o terjadi pada kondisi B2. Berdasarkan perhitungan dan perbandingan luasan a dan b pada kriteria cuaca International Maritime Organization (IMO) dimana b/a ≥ 1 (memenuhi) dapat dilihat bahwa kapal dengan semua kondisi beban dengan dan tanpa bilge keel masih memenuhi dengan kondisi A1 paling mendekati satu dengan nilai b/a = 1,436.

Kata kunci : Stabilitas, Respon Gerak Oleng, Bilge keel, Amplitudo Gelombang, Kriteria Cuaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stabilitas, Respon Gerak Oleng, Bilge keel, Amplitudo Gelombang, Kriteria Cuaca
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:53
Last Modified: 29 Sep 2022 00:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item
View Item