ANALISA CONTINUOUS MARKOV PROCESS PADA SISTEM PENDINGIN MESIN PENGGERAK KMP. BONTOHARU = CONTINUOUS MARKOV PROCESS ANALYSIS ON THE ENGINE COOLING SYSTEM KMP. BONTOHARU


Pasambo, Stevan (2021) ANALISA CONTINUOUS MARKOV PROCESS PADA SISTEM PENDINGIN MESIN PENGGERAK KMP. BONTOHARU = CONTINUOUS MARKOV PROCESS ANALYSIS ON THE ENGINE COOLING SYSTEM KMP. BONTOHARU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115309_skripsi_cover1.jpg

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115309_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115309_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115309_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam dunia industri perkapalan, penerapan analisis keandalan (reliability) secara progresif dikembangkan dengan adanya tuntutan permintaan akan tingkat keamanan dan keandalan dari sistem yang ada. Kegagalan (failure) yang terjadi pada salah satu komponen dapat menimbulkan suatu kegagalan yang sifatnya merusak keseluruhan fungsi kapal dan pada akhirnya akan menyebabkan tingkat keselamatan menurun dan dapat membahayakan penumpang dan muatan yang di angkut, atau dengan kata lain bahwa dengan adanya kerusakan pada salah satu komponen yang ada di dalam suatu sistem akan mengakibatkan kerugian yang lebih besar, sehingga faktor keandalan suatu sistem atau komponen sangat perlu di perhatikan. Penelitian ini merupakan studi terhadap aplikasi teori reliability sebagai alat untuk mengevaluasi sebuah pemodelan perawatan pada sistem pendingin mesin KMP. Bontoharu. Adapun metode analisa yang digunakan dalam mengevaluasi sistem adalah metode analisa secara kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk analisa secara kualitatif adalah Failure Mode Effect And Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Dan untuk analisa secara kuantitatif digunakan metode Reliability block diagram (RBD) dan metode Continuous Markov Process. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sistem pendingin mesin penggerak KMP. Bontoharu diperoleh urutan komponen yang paling kritis dan perlu mendapat perhatian lebih adalah 1. Fresh water cooler, 2. Sea water pump, 3. Fresh water pump, 4. Filter, 5. Motor pompa. Dan di peroleh Nilai MTTF sistem (Mean Time To Failure) adalah 108,14 Jam, Reliability system adalah 0,633282 serta Availability system adalah 0,7503.

Kata Kunci : FMEA, FTA, Reliability block diagram (RBD), Continous Markov Process

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FMEA, FTA, Reliability block diagram (RBD), Continous Markov Process
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:43
Last Modified: 29 Sep 2022 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item
View Item