PENGARUH BENTUK DAN KEMIRINGAN PENUTUP DISTILATOR TERHADAP JUMLAH HASIL DISTILASI = THE EFFECT OF THE SHAPE AND SLOPE OF THE DISTILATOR COVER ON THE AMOUNT OF DISTILLATION RESULTS


Abidin, Haerul (2021) PENGARUH BENTUK DAN KEMIRINGAN PENUTUP DISTILATOR TERHADAP JUMLAH HASIL DISTILASI = THE EFFECT OF THE SHAPE AND SLOPE OF THE DISTILATOR COVER ON THE AMOUNT OF DISTILLATION RESULTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115015_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115015_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115015_skripsi_dp.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Haerul Abidin. D331 15 015. “Pengaruh Bentuk dan Kemiringan Penutup Distilator Terhadap Jumlah Hasil Distilasi”.
Dibimbing oleh Dr.Eng.Faisal Mahmuddin ST,M.Eng dan Ir.Syerly Klara,MT.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat penutup prototipe distilasi yang optimal berdasarkan prototipe distilasi yang diteliti sebelumnya, dan menguji performa prototipe distilasi dalam menghasilkan air tawar. Indonesia merupakan negara kepulauan, banyak penduduknya yang tinggal di pulau atau daerah pesisir, sehingga penduduk yang tinggal di pulau atau daerah pesisir kekurangan air tawar. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi yang tepat untuk mengolah air laut menjadi air tawar. Setelah dilakukan pengukuran suhu pada panas gas buang mesin bensin kapal nelayan, ternyata hasilnya cukup bagus, karena suhu panas gas buang mesin bensin kapal nelayan mencapai 255C, yang mana jika kita ingin mengubah air laut menjadi air tawar kita hanya membutuhkan suhu 80C. Pada penelitian ini kita akan membuat prototipe distilasi dengan beberapa variasi pada penutupnya, perbedaan dari prototipe ini terdapat pada perbedaan variasi bentuk penutup dimana terdiri dari dua bentuk yaitu penutup 1 atap dan penutup 2 atap dengan kemiringan masing-masing yaitu 300, 400 dan 500. Dari penelitian ini diharapkan agar kebutuhan air tawar nelayan selama melaut dapat terpenuhi dan tidak lagi membawa air tawar dari rumahnya saat ingin melaut. Dari hasil pengujian prototipe didapatkan bahwa penutup dengan bentuk 2 atap menghasilkan lebih banyak air dibandingkan dengan penutup 1 atap. Selanjutnya penutup prototipe dengan kemiringan 500 lebih banyak menghasilkan air dibandingkan dengan kemiringan penutup 300 dan 400. Dari hasil penelitian prototipe 2 atap dengan kemiringan 500 menghasilkan volume air distilasi paling banyak sebesar 65 ml dalam setiap 60 menit.

Kata kunci : Prototipe, Bentuk dan Kemiringan Penutup, Temperature Gas Buang, Distilasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prototype, Cover Shape and Slope, Exhaust Gas Temperature, Distillation.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:40
Last Modified: 29 Sep 2022 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18998

Actions (login required)

View Item
View Item