IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEKERJAAN MAINTENANCE KAPAL MENGGUNAKAN METODE HIRARC = IDENTIFICATION OF HAZARDS IN SHIP MAINTENANCE WORKS USING HIRARC METHOD


Karam, Abul (2021) IDENTIFIKASI BAHAYA PADA PEKERJAAN MAINTENANCE KAPAL MENGGUNAKAN METODE HIRARC = IDENTIFICATION OF HAZARDS IN SHIP MAINTENANCE WORKS USING HIRARC METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33114009_skripsi cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33114009_skripsi bab 1-2.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33114009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Banyaknya komponen mesin pada engine room, menimbulkan berbagai potensi bahaya. Berbagai mesin serta komponen lain yang terdapat dalam engine room, apabila tidak dirawat dan dioperasikan oleh seorang operator yang tidak terlatih, berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan kerja di atas kapal. Penelitian ini dilaksanakan di Beberapa Kapal Ferry Ro-Ro. Sumber data yang diperoleh adalah data primer yang diperoleh langsung dari tempat penelitian dengan cara melakukan pengamatan dan tanya jawab langsung dengan perwira dan anak buah kapal khususnya bagian Kamar mesin, dan tinjauan pustaka serta literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu metode kualitatif, Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC) penulis mencoba mengamati kasus kecalakaan yang sering terjadi di atas kapal kemudian mencari tahu apa penyebabnya, kemudian memberikan solusi yang akan digunakan untuk mengurangi resiko kecelakaan Kru Kapal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya kecelakaan kerja pada pekerjaaan maintenance kamar mesin di kapal Ferry Ro-Ro karena diakibatkan oleh kurangnya kedisiplinan awak kapal tentang pentingnya SOP dan penggunaan alat-alat keselamatan saat melakukan suatu pekerjaan.

Keywords : pekerjaaan maintenance kamar mesin, Kapal Ferry Ro-Ro, (HIRARC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: engine room maintenance work, Ro-Ro Ferry Ship, (HIRARC)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:38
Last Modified: 29 Sep 2022 00:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18991

Actions (login required)

View Item
View Item