Analisis Indeks Kerentanan Kawasan Pesisir Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar = Analysis of Vulnerability Index of Coastal Area, Galesong District, Takalar Regency


Arifki, Muhammad Alif Alim (2021) Analisis Indeks Kerentanan Kawasan Pesisir Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar = Analysis of Vulnerability Index of Coastal Area, Galesong District, Takalar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D32116508_skripsi_cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D32116508_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D32116508_skripsi_dp.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D32116508_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Muhammad Alif Alim Arifki, Analisis Indeks Kerentanan Kawasan Pesisir Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. (Dibimbing oleh Dr. Taufiqur Rachman, ST., MT., dan Dr. Ir. Chairul Paotonan, ST., MT.)
Permasalahan di wilayah pesisir sangat sensitif dan rentan terhadap fenomena alam karena merupakan suatu wilayah yang rentan terhadap faktor lingkungan antara lain laju perubahan garis pantai, kemiringan pantai, gelombang, pasang surut dan kenaikan muka air laut. Kawasan Pesisir Kecamatan Galesong merupakan wilayah pemukiman dan terdapat Pelabuhan Boddia dimana keberadaannya sangat vital dalam menopang ekonomi masyarakat sekitar. Kawasan pesisir Kecamatan Galesong juga menjadi objek wisata dan pembuatan kapal termasuk perbaikan kapal nelayan yang rusak. Mengingat tingginya pembangunan dan pemanfaatan wilayah pesisir Kecamatan Galesong maka secara tidak langsung kawasan pesisir Kecamatan Galesong rentan terhadap bencana di wilayah pesisir termasuk akibat perubahan iklim. Indeks Kerentanan Pesisir adalah suatu metode yang digunakan untuk menilai kerentanan pesisir. Penilaian tingkat kerentanan pesisir pada penelitian ini menggunakan metode CVI (Coastal Vulnerability Index). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kerentanan pesisir Kecamatan Galesong dan menentukan solusi atas tingkat kerentanan pesisir Kecamatan Galesong. Penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan perencanaan tata ruang wilayah khususnya pada penataan penggunaan lahan pesisir di Kecamatan Galesong.
Pada penelitian ini dilakukan studi dokumenter, yaitu menyaring dan menganalisis data sekunder dari berbagai aplikasi, web dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini serta dilakukan survei lapangan secara langsung untuk mengetahui kondisi eksisting terkait fenomena visual yang ada.
Tingkat kerentanan pesisir Kecamatan Galesong menggunakan metode CVI berada di satu kategori yaitu kerentanan tinggi. Terdapat lima desa yang ada di kawasan pesisir Kecamatan Galesong yaitu Desa Palalakkang, Desa Galesong Baru, Desa Galesong Kota, Desa Boddia dan Desa Mappakalompo. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kerentanan kawasan pesisir Kecamatan Galesong yaitu dengan melakukan penataan pemukiman/fasilitas umum, memodifikasi bangunan pelindung pantai yang telah ada dan membangun struktur pelindung pantai. Struktur pelindung yang disarankan untuk dibangun adalah revetment dan detached breakwater.

Kata Kunci: CVI, kerentanan pesisir, revetment, detached breakwater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CVI, coastal vulnerability, revetment, detached breakwater
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Sep 2022 23:56
Last Modified: 28 Sep 2022 23:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18955

Actions (login required)

View Item
View Item