Mursyid, Praprimadani (2022) PENGARUH PRICE, SERVICE QUALITY DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HAJI PROVINSI SULAWESI SELATAN = THE INFLUENCE OF PRICE, SERVICE QUALITY AND RELATIONSHIP MARKETING ON PATIENT SATISFACTION IN OUTPATIENT INSTALLATION PUBLIC REGIONAL HOSPITAL OF HAJI, SOUTH SULAWESI PROVINCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
K012181077_tesis_02-09-2022 cover1.png
Download (137kB) | Preview
K012181077_tesis_02-09-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
K012181077_tesis_02-09-2022 dp.pdf
Download (1MB)
K012181077_tesis_02-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Kepuasan pasien adalah suatu keadaan yang dirasakan oleh seseorang setelah ia mengalami suatu tindakan atau hasil dari tindakan yang memenuhi harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Price, Service Quality Dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien di Instalasi rawat jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 121 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Price, Service Quality dan Relationship Marketing terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Variabel Relationship Marketing adalah yang paling kuat pengaruhnya terhadap kepuasan pasien Instalasi Rawat Jalan RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan.
Disarankan kepada pihak manajemen rumah sakit untuk membuat alur prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit, membuat kesigapan karyawan yang cepat dan tanggap untuk membantu pasien, dokter yang harus selalu bersikap sopan, ramah dan bersahabat, meningkatkan komiten untuk menjalankan jadwal visit dengan tepat waktu. Paling tidak, dokter berkoordinasi dengan perawat bila ada perubahan jadwal sehingga pasien tidak dibiarkan menunggu begitu lama.
Kata Kunci: Price, Service Quality, Relationship Marketing, kepuasan, pasien, rumah sakit
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Price, Service Quality, Relationship Marketing, kepuasan, pasien, rumah sakit |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 01:21 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 01:21 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18928 |