Profil Sosioteknoproduksi dan Motivasi Peternak dalam Memelihara Ayam Buras di Desa Samaturue Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sinjai = Sociotechnoproduction Profile and Breeder's Motivation in Raising Free range Chicken in Samaturue Village Tellu Limpoe District Sinjai Regency


Nurmawaddah, A. Annisa (2022) Profil Sosioteknoproduksi dan Motivasi Peternak dalam Memelihara Ayam Buras di Desa Samaturue Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sinjai = Sociotechnoproduction Profile and Breeder's Motivation in Raising Free range Chicken in Samaturue Village Tellu Limpoe District Sinjai Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181004_skripsi_26-07-2022 cover1.png

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181004_skripsi_26-07-2022 1-2.pdf

Download (26MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181004_skripsi_26-07-2022 dp.pdf

Download (26MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181004_skripsi_26-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui profil sosioteknoproduksi dan motivasi peternak dalam memelihara ayam buras di Desa Samaturue Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sinjai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022. Lokasi ini dipilih sebagai tempat penelitian dikarenakan di Desa Samaturue merupakan salah satu daerah yang memiliki permasalahan yang cukup banyak dalam memelihara ayam buras. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif yaitu suatu jenis penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan data mengenai profil sositeknoproduksi dan motivasi peternak dalam memelihara ayam buras di Desa Samaturue Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sinjai. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 42 peternak dengan penentuan populasi menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan bantuan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk profil sosioteknoproduksi menggunakan Analisis Deskriptif dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi dan untuk motivasi peternak dalam memelihara ayam buras menggunakan Statistik Deskriptif dengan menggunakan Metode Delphi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa profil sosial ayam buras peternak lebih dominan menggunakan sistem pemeliharaan secara ekstensif dan perananya yaitu sebagai penghasil daging, telur dan feses sebagai pupuk. Profil teknologi ayam buras diperoleh hasil bahwa peternak tidak ada yang menggunakan teknologi dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang teknologi pemeliharaan. Profil produksi ayam buras diperoleh hasil bahwa daging dan telur cukup memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan hanya sebagai konsumsi sendiri. Kemudian, motivasi masyarakat dalam memelihara ayam buras diperoleh hasil bahwa terdapat 5 motivasi peternak dalam memelihara ayam buras yaitu sistem pemeliharaan tidak rumit, dapat dijual kapan saja, untuk konsumsi keluarga, dan untuk mengisi waktu luang.

Keywords : Ayam Buras, Profil Sosioteknoproduksi, Motivasi, Peternak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ayam Buras, Profil Sosioteknoproduksi, Motivasi, Peternak
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Sosek Peternakan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:28
Last Modified: 26 Sep 2022 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18896

Actions (login required)

View Item
View Item