ALAT PENDETEKSI SALURAN TERSUMBAT DAN MONITORING PADA SELOKAN (DRAINASE) TERTUTUP BERBASIS IOT UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA BANJIR


Bahar, Ahmad Shaadiq (2021) ALAT PENDETEKSI SALURAN TERSUMBAT DAN MONITORING PADA SELOKAN (DRAINASE) TERTUTUP BERBASIS IOT UNTUK MENGANTISIPASI TERJADINYA BANJIR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D41116511_skripsi bab 1-2.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41116511_skripsi cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D41116511_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D41116511_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami banjir. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir adalah tersumbatnya drainase. Oleh karena itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah merancang sistem monitoring yang ditampilkan pada aplikasi android terhadap ketinggian air yang mengindikasikan terjadinya sumbatan pada drainase dengan upaya untuk mengantisipasi terjadinya luapan air. Alat dirancang dengan sistem master dan slave, dimana tiap masing-masing slave mempunyai tugas untuk mengukur ketinggian air dan mengirimkan data tersebut ke master selanjutnya data yang telah dikumpulkan master akan dikirim ke database sehingga data ditampilkan pada aplikasi. Pada bagian slave menggunakan Arduino sebagai pengendali, sensor ultrasonic JSN-SR04T waterproof untuk mengukur ketinggian air, Lora sebagai transfer data antara master dan slave, photovoltaic untuk sumplai energi pada slave, sedangkan pada master menggunakan Lora dan wemos untuk mengirim dan menerima data dari database Firebase dan softwarenya menggunakan aplikasi android. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alat telah bekerja dengan baik. Hasil pengujian menunjukkan pada pengujian ketinggian air menggunakan sensor ultrasonic dapat bekerja pada range 20 cm sampai 600 cm, pengujian jarak transfer data antar Lora pada jarak 400 m masih tergolong baik rssi antara -68 dBm sampai – 102 dBm, pengujian indikator LED bekerja dengan baik dengan 2 indikator pada fitur aplikasi android, pada pengujian photovoltaic di malam hari penurunan tegangan sebesar 3,18% dan pada siang hari kenaikan tegangan kapasitas baterai 18,18%. Pengujian kesuluruhan sistem sudah bekerja dengan baik dimana aplikasi memberikan peringatan tersumbat ketika ketinggian air pada slave memiliki perbedaan air 10 cm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drainase tertutup, master slave, sensor ultrasonic, Lora, aplikasi android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:05
Last Modified: 26 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item
View Item