EFEKTIVITAS PEMBERIAN BANTUAN TELUR ULAT SUTERA DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG = THE EFFECTIVENESS OF PROVISION OF SILK WORN EGGS IN DONRI-DONRI DISTRICT, SOPPENG REGENCY


Armidha, Nirmala (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN BANTUAN TELUR ULAT SUTERA DI KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG = THE EFFECTIVENESS OF PROVISION OF SILK WORN EGGS IN DONRI-DONRI DISTRICT, SOPPENG REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011181079_skripsi_01-09-2022 cover1.png

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011181079_skripsi_01-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011181079_skripsi_01-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pengembangan usaha persuteraan alam dipandang sebagai salah satu usaha yang mempunyai harapan yang baik untuk mensejahterakan masyarakat dengan memanfaatkan lahan hutan yang masih terlantar. Kebutuhan sutera nasional dari tahun ke tahun terus meningkat, namun sebaliknya produksi terus menurun. Penurunan produksi yang terus menurun dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kualitas telur bibit ulat sutera. Bibit ulat sutera yang biasa dipelihara oleh petani sudah tidak tahan terhadap serangan penyakit. Untuk menjamin keberlanjutan usaha persuteraan alam di Kabupaten Soppeng, pemerintah menempuh kebijakan untuk membagikan telur ulat sutera gratis kepada petani yang didatangkan langsung dari cina dengan kualitas telur yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pemberian bantuan ulat sutera gratis di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dimana dalam penelitian ini menggambarkan lebih dalam mengenai efektivitas pemberian bantuan ulat sutera yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap 58 responden dari 8 kelompok tani berbeda di seluruh wilayah Kabupaten Soppeng. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyaluran atau pemberian bibit (telur) impor Cina bersubsidi mengenai tepat jumlah bibit telur sudah efektif karena di Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng sistem pengajuan atau pemasukkan proposal yang diberlakukan kepada kelompok tani sudah memiliki ketentuan dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultural, Perkebunan dan Ketahanan Pangan setempat. Dengan adanya pemberian bantuan bibit telur impor Cina ini dapat membantu petani menambah penghasilan/pendapatan.

Keywords : Bibit impor, Efektivitas, Pemberian, Persuteraan alam, Tingkat pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bibit impor, Efektivitas, Pemberian, Persuteraan alam, Tingkat pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Sep 2022 00:52
Last Modified: 26 Sep 2022 00:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18790

Actions (login required)

View Item
View Item