ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET BERBASIS WIRELESS LOCAL AREA NETWORK PADA LAYANAN INDIHOME


Jasmani, Nurul Fadilah (2021) ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN INTERNET BERBASIS WIRELESS LOCAL AREA NETWORK PADA LAYANAN INDIHOME. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D41116016_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D41116016_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41116016_skripsi_cover1.jpg

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D41116016_skripsi_dp.pdf

Download (11MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan Big data Telkom mengenai aplikasi myIndihome untuk wilayah makassar pada bulan Juli 2020 hingga pada bulan oktober 2020, dari total 89.114 customer Indihome sebesar 2.904 customer (5%) yang hanya memberikan review dan rating tentang customer experience. Sebanyak 1.906 customer (69%) menyatakan merasa biasa dan tidak puas dengan layanan yang ada. Salah satunya ialah kualitas jaringan Indihome yang tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Metode yang digunakan pada penelitian yakni mengumpulkan data terkait kualitas jaringan Indihome, serta menganalisis dengan menggunakan parameter Quality of Servis (QOS). Analisis ini selain dilakukan dengan cara memonitoring di aplikasi netTools,digunakan juga wawancara kepada pihak-pihak yang melakukan maintenance jaringan guna mengetahui kondisi existing di lapangan dan pihak bandara yang mengetahui berapa jumlah rata rata pesawat yg meilntas

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui perbandingan quality of service jaringan WLAN kecepatan transfer data pada paket 10 Mbps dan diatas 10 Mbps di sekitar area lintasan transportasi udara dan bukan di daerah area lintasan transportasi udara.QoS(Quality of Service) adalah kemampuan dalam menyediakan peformasi dari jaringan komputer dalam penyediaan layanan kepada aplikasi-aplikasi di dalam jaringan komputer tersebut sehingga menentukan tingkat kepuasan dari pengguna yang menggunakan jaringan tersebut.Penelitian dilaksanakan dengan melakukan monitoring jaringan WLAN pada access point yang ditetapkan sebagai sampel di rumah pribadi yang paket data 10 mbps dan di warung kopi paket data diatas 10 mbps kedua observasi tersebut dilakukan di daerah lintasan transportasi udara dan bukan di daerah lintasan udara dengan menggunakan software Axence netTools. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan monitoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Axence netTools, WLAN Network, Monitoring, Indihome
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 26 Sep 2022 00:51
Last Modified: 26 Sep 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item
View Item