STRATEGI INTERNASIONALISASI MATA UANG TIONGKOK MELALUI SKEMA BILATERAL (Studi Kasus: Local Currency Swap Arrangement Tiongkok dan Indonesia) = STRATEGY FOR INTERNATIONALIZATION OF CHINA CURRENCY THROUGH BILATERAL SCHEME (Case Study: China and Indonesia Local Currency Swap Arrangements)


Amir, Armirayanti (2022) STRATEGI INTERNASIONALISASI MATA UANG TIONGKOK MELALUI SKEMA BILATERAL (Studi Kasus: Local Currency Swap Arrangement Tiongkok dan Indonesia) = STRATEGY FOR INTERNATIONALIZATION OF CHINA CURRENCY THROUGH BILATERAL SCHEME (Case Study: China and Indonesia Local Currency Swap Arrangements). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
E061181020_skripsi_cover.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061181020_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061181020_skripsi_dp.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061181020_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ARMIRAYANTI AMIR, E061181020. “Strategi Internasionalisasi Mata Uang Tiongkok melalui Skema Bilateral”. Dibawah bimbingan Bapak Muh. Nasir Badu, S.Sos, M.Hum, Ph.D selaku dosen pembimbing I serta Ibu Pusparida Syahdan, S.Sos, M.Si selaku pembimbing II, pada jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ambisi Tiongkok yang ingin menjadikan mata uang yuan sebagai pembayaran Internasional. Melalui suatu bentuk kerjasama dengan berbagai negara yaitu penggunaan mata uang lokal dalam setiap transaksi antar negara yang bekerjasama. Memiliki kepentingan nasional dan ketergantungan dengan negara lain menciptakan kerjasama untuk mencapai kepentingan tersebut. Dengan demikian, melalui kerjasama Local Currency Swap Arrangement Tiongkok dan Indonesia menjadi salah satu contoh kasus dalam mencapai kepentingan kedua negara. Namun, dalam penelitian ini berfokus pada kepentingan Tiongkok untuk menjadikan mata uang yuan sebagai alat pembayaran internasional bersanding dengan dolar, yen, euro dan poundsterling.
Adapun tujuan dari adanya penelitian ini yaitu, untuk mengetahui strategi Tiongkok dan prospek internasionalisasi yuan atau renmimbi melalui skema bilateral. Dengan demikian untuk mengkaji hal tersebut penulis menggunakan tipe penelitian kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian secara terperinci dengan menggunakan data sekunder dan dideskriptifkan dari umum ke khusus. Dengan demikian hasil temuan pada penelitian ini menjelaskan bahwa Tiongkok menjadikan kerjasama bilateral dan politik mata uang untuk mencapai kepentingan nasionalnya. Melalui kerjasama bilateral penggunaan yuan terus meningkat, hal ini dikarenakan Tiongkok adalah negara dengan perekonomian serta infrastruktur penghubung antar negara yang terus meningkat dan nilai mata uang yang stabil sehingga banyak negara yang ingin menjalin kerjasama ekonomi dengan negara tirai bambu tersebut. Selain itu keberhasilan Tiongkok bisa dilihat dari pencapaiannya hingga saat ini mata uang yuan dikenal secara global dan menjadi salah satu mata uang yang digunakan di dunia.

Keywords : Internasionalisasi Yuan, Kerjasama Bilateral, Currency Politics (Politik Mata Uang)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Yuan Internationalization, Bilateral Cooperation, Currency Politics
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:11
Last Modified: 23 Sep 2022 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item
View Item