FUNGSI BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI MASA PANDEMI TERHADAP MASYARAKAT DI DESA BELANG-BELANG KECAMATAN KALUKKU KABUPATEN MAMUJU = THE FUNCTION OF BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA IN PANDEMIC TIMES TOWARDS THE COMMUNITY IN BELANG-BELANG VILLAGE, KALUKKU DISTRICT, MAMUJU REGENCY


Jaswandi, Rizki Maulana (2022) FUNGSI BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA DI MASA PANDEMI TERHADAP MASYARAKAT DI DESA BELANG-BELANG KECAMATAN KALUKKU KABUPATEN MAMUJU = THE FUNCTION OF BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA IN PANDEMIC TIMES TOWARDS THE COMMUNITY IN BELANG-BELANG VILLAGE, KALUKKU DISTRICT, MAMUJU REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41116302_skripsi_cover1.jpg

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41116302_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41116302_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41116302_skripsi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rizki Maulana Jaswandi, E411 16 302, Judul Skripsi “Fungsi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Masa Pandemi Terhadap Masyarakat di Desa Belang-Belang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju”. Dibimbing oleh Arsyad Genda dan Muh Iqbal Latief. Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi dan fungsi dari BLT Dana Desa untuk masyrakat di Desa Belang-Belang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, di mana peneliti menggambarkan informasi seputar bagaimana implementasi kebijakan dan fungsi BLT Dana Desa dalam mengurangi dampak sosial ekonomi Covid-19 di Desa Belang-Belang dan dijabarkan melalui informasi yang diperoleh dari informan.
Informan dari penelitian ini sebanyak 8 orang, ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan mengacu pada pedoman wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak sosial terbesar yang ditimbulkan oleh Covid-19 ialah dampak ekonomi. Dampak ekonomi tidak hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan namun juga dirasakan oleh masyarakat yang ada di desa, salah satu desa yang terdampak selama masa pandemi Covid-19 ialah Desa Belang-Belang. Selama masa pandemi masyarakat banyak yang terdampak dalam menurunnya jumlah pendapatan dan penghasilan, bahkan hingga tidak memiliki pemasukan sama sekali untuk beberapa bulan dikarenakan peraturan PSBB dan PPKM yang sempat diberlakukan oleh pemeintah, Untuk mengurangi dampak Covid-19 di Desa, pemerintah memberikan bantuan dalam program BLT-Dana Desa. Proses implementasi BLT-Dana Desa menawarkan hal-hal yang menjadi kebutuhan untuk masyarakat, menjalankan proses penyaluran bantuan dengan baik, dan tetap mengikuti syarat dan kriteria untuk calon penerima manfaat. BLT-Dana Desa menyediakan fungsi-fungsi seperti fungsi Pendidikan, Kesehatan, dan kesejahteraan yang mana menjadikannya sebagai fungsi manifes yang diantisipasi. Selain dari hal-hal yang diantisipasi BLT-Dana Desa memunculkan masalah-masalah baru seperti kecemburuan sosial dan disfungsi dalam pembangunan infrastruktur desa.

Keywords : BLT Dana Desa, Covid-19, Implementasi Kebijakan, Fungsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BLT-Dana Desa, Covid-19, Policy Implementation, Function
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Sep 2022 00:58
Last Modified: 23 Sep 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item
View Item