Implementasi Program Kartu Sejahtera Di Kota Gorontalo (Sebuah Pendekatan Antropologi Kebijakan Publik) = Implementation of The Prosperity Card Program In Gorontalo City (An Anthropolo-gical Approach To Public Policy)


Taha, Marten (2022) Implementasi Program Kartu Sejahtera Di Kota Gorontalo (Sebuah Pendekatan Antropologi Kebijakan Publik) = Implementation of The Prosperity Card Program In Gorontalo City (An Anthropolo-gical Approach To Public Policy). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E023192011_disertasi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E023192011_disertasi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E023192011_disertasi_dp.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E023192011_disertasi_27-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

MARTEN TAHA. Implementasi Program Kartu Sejahtera Di Kota Gorontalo (Sebuah Pendekatan Antropologi Kebijakan Publik). Dibimbing oleh Mahmud Tang, Munsi Lampe dan Ansar Arifin.

Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis dan menjustifikasi Kebijakan Pelaksanaan Program Unggulan Kartu Sejahtera. 2) menganalisis dan menjustifikasi respon masyarakat terhadap pelaksanaan Program Unggulan Kartu Sejahtera. 3) menganalisis dan menjustifikasi pencapaian kesejahteraan mayarakat kota Gorontalo.
4) menemukan dan mengkonstruksi teori tentang hambatan dan tantangan implementasi Program Unggulan Kartu Sejahtera.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan adalah penerima bantuan kartu sejahterah, tim Prrogram Kerja, Guru dan Kepala Dinas Kependudukan. Data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam (in-depth interview). Data sekunder berasal dari buku dan jurnal penelitian yang diterbitkan secara online dan cetak. Analisis data dengan cara menyalin data, membaca seluruh data, menganalisis secara detail dan mendeskripsikannya secara holistik-integratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kartu Keluarga Sejahtera dapat diartikan sebagai suatu program yang ditujukan untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan hidup dan mendapat respon positif dari masyarakat terutama yang bersifat pokok seperti pangan, sandang, pendidikan dan kesehatan.

Keywords : Kebijakan, respon, masyarakat, implementasi, Kartu Sejahtera.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Policy, Response, Community, Implementation, Prosperity Card
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:50
Last Modified: 22 Sep 2022 07:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item
View Item