STRATEGI OPERASI SISTEM PADA PEMELIHARAAN PENYULANG CAMBA PLN UP3 MAKASSAR UTARA = OPERATION SYSTEM STRATEGY ON MAINTENANCE OF CAMBA FEEDER PLN UP3 MAKASSAR UTARA


Nurhaq, Muhammad Afghan (2022) STRATEGI OPERASI SISTEM PADA PEMELIHARAAN PENYULANG CAMBA PLN UP3 MAKASSAR UTARA = OPERATION SYSTEM STRATEGY ON MAINTENANCE OF CAMBA FEEDER PLN UP3 MAKASSAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D41114023_skripsi cover1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D41114023_skripsi bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D41114023_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D41114023_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pertumbuhan jumlah masyarakat tiap harinya berbanding lurus dengan pertumbuhan daya konsumsi energi listrik yang digunakan untuk menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari. Untuk menunjang tersedianya kebutuhan energy listrik tersebut, maka sistem distribusi sebagai bagian dari sistem tenaga listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam menyalurkan energi listrik hingga ke konsumen. Energi listrik yang disalurkan ke pelanggan seharusnya senantiasa bersifat bermutu, aman, dan dapat diandalkan setiap saat. Berarti dalam penyaluran energi listrik seharusnya dilakukan secara rasional dan bernilai ekonomis. Sistem tenaga listrik yang sifatnya dinamis perlu adanya strategi operasi, hal ini dimaksud agar operator dapat memiliki gambaran terkait kondisi operasi sistem. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi operasi sistem pada pemeliharaan Penyulang Camba yang paling optimal sesuai dengan tujuan operasi sistem. Dari simulasi dan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan software Etap 12.6.0 didapatkan hasil bahwa untuk simulasi manuver beban yang paling optimal ialah beban Penyulang Camba dimanuver ke Penyulang Teh Gelas dan dilakukan pemecahan beban Penyulang Camba sebagai mitigasi dari dampak manuver yang dilakukan.

Kata Kunci : Strategi Operasi Sistem, Tujuan Sistem Operasi, Manuver Beban Penyulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: System Operation Strategy, Purpose of the Operating System, Feeder Load Manuver.
Subjects: K Law > K Law (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:30
Last Modified: 22 Sep 2022 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item
View Item