ANALISIS PENGGUNAAN ASYMMETRIC PRE-SWIRL STATOR PADA TWIN SCREW PROPELLER UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI PROPULSI KAPAL KMP BONTOHARU = ASYMMETRIC PRESWIRL STATOR ANALYSIS ON TWIN SCREW PROPELLER FOR INCREASING PROPULSION EFFICIENCY OF KMP BONTOHARU


Kalsum. A.l, Ummi (2021) ANALISIS PENGGUNAAN ASYMMETRIC PRE-SWIRL STATOR PADA TWIN SCREW PROPELLER UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI PROPULSI KAPAL KMP BONTOHARU = ASYMMETRIC PRESWIRL STATOR ANALYSIS ON TWIN SCREW PROPELLER FOR INCREASING PROPULSION EFFICIENCY OF KMP BONTOHARU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33116313_skripsi_Cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33116313_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33116313_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33116313_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Organisasi Maritim Internasional (IMO) memperkenalkan Indeks Desain Efisiensi Energi (EEDI) untuk pembangunan kapal baru guna menanggapi kekhawatiran yang berkembang tentang pemanasan global dan menipisnya bahan bakar fosil. Banyak penelitian difokuskan untuk mengimplementasikan hal tersebut dengan meningkatkan bentuk lambung dan sistem propulsi guna menurunkan EEDI. Salah satunya dengan penggunaan ESD (Energy saving device). Pre-swirl Stator (PSS) merupakan salah satu jenis ESD yaitu semacam perangkat tambahan sistem propulsi kapal guna meningkatkan efesiensi propulsi kapal. Dengan membandingkan beberapa jenis ESD yang ada sejauh ini, sistem pre-swirl stator memiliki beberapa kelebihan, yaitu sistem shaft yang simple, biaya yang relative rendah, perolehan efisiensi yang besar, dan keandalan yang tinggi. PSS yang diletakkan di depan propeller dapat meningkatkan efisiensi propulsi dengan mengurangi kehilangan energi rotasi pada aliran baling-baling. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan PSS asimetris terhadap karakteristik propeller meliputi thrust, torsi dan rps, peningkatan efisiensi propulsi serta pengaruh variasi diameter dari PSS pada kecepatan konstan 6.618 m/s. Pada penelitian ini dilakukan variasi diameter stator yaitu ½DP, ¾ DP, DP 1.1DP, 1.2DP. Jumlah stator sebanyak 4 buah pada masing-masing propeller dengan posisi 45o, 90o, 135o, dan 270o dengan desain sudut pitch masing-masing 7o, 10o, 8o, 4o. Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode CFD. Hasil penelitian menunjukkan penambahan pre-swirl stator pada propeller kapal memiliki pengaruh dalam meningkatkan thrust/torsi dan mereduksi kecepatan rotasi propeller. Efisiensi propulsi optimum dicapai saat penggunaan DS=1.1 DP yakni 6.64%.

Keywords : Pre-swirl Stator, Computational Fluid Dynamic, Efisiensi propulsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pre-swirl stator, Computational fluid dynamic, Propulsion efficiency
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Sep 2022 05:28
Last Modified: 22 Sep 2022 05:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item
View Item