PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN LUKA KAKI DIABETES BERBASIS TELENURSING BAGI PERAWAT DI RURAL DAN REMOTE AREA = THE DEVELOPMENT OF A TRAINING MODULE FOR TELENURSING-BASED DIABETIC FOOT ULCER PREVENTION AND TREATMENT FOR NURSES IN RURAL AND REMOTE AREA


Hasdi, Hasdi (2022) PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN LUKA KAKI DIABETES BERBASIS TELENURSING BAGI PERAWAT DI RURAL DAN REMOTE AREA = THE DEVELOPMENT OF A TRAINING MODULE FOR TELENURSING-BASED DIABETIC FOOT ULCER PREVENTION AND TREATMENT FOR NURSES IN RURAL AND REMOTE AREA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012201017_tesis_29-08-2022 cover1.png

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012201017_tesis_29-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012201017_tesis_29-08-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012201017_tesis_29-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis dengan tingkat mortalitas yang tinggi. Salah satu komplikasi DM adalah luka kaki diabetes (LKD) yang dapat diminimalisir dengan upaya pencegahan dan perawatan oleh tenaga kesehatan terlatih. Pengetahuan dan keterampilan perawat harus ditingkatkan melalui pelatihan atau pembelajaran dengan menggunakan media yang mudah diakses. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan modul pelatihan dan mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan perawat dalam pencegahan dan perawatan luka kaki diabetes (LKD) di rural dan remote area.
Metode: Penelitian ini menerapkan teknik Delphi untuk memperoleh konsensus komponen pencegahan dan perawatan LKD. Setelah itu, hasil konsensus dijadikan pedoman dalam membuat konten modul pelatihan. Kemudian, dilakukan analisis conten validity index (CVI) dengan melibatkan lima pakar yang ahli dalam bidang perawatan luka, bidang media teknologi pendidikan, dan bidang promosi kesehatan. Selanjutnya dilakukan pilot study untuk menilai perbedaan pengetahuan dan keterampilan perawat sebelum dan setelah pembelajaran modul pelatihan.
Hasil: Studi Delphi dilakukan dengan tiga putaran dan menghasilkan tujuh komponen pencegahan LKD yang dimuat pada modul A dan 10 komponen perawatan LKD yang dimasukkan pada modul B. Analisis conten validity index menghasilkan konsensus dari pakar dalam pembuatan modul pelatihan. Validitas dan reliabilitas modul pelatihan dapat diterima dari seluruh aspek yang dinilai. Terjadi peningkatan pengetahuan setelah diberikan pembelajaran modul pelatihan baik dari aspek pencegahan maupun perawatan dengan nilai p=0.000, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan setelah pembelajaran modul pelatihan baik aspek pencegahan maupun perawatan dengan nilai p>0.05.
Kesimpulan: Modul pelatihan pencegahan dan perawatan LKD dapat menjadi salah satu media yang relevan untuk dipelajari perawat di rural dan remote area yang mampu meningkatkan pengetahuan perawat dalam pencegahan dan perawatan LKD.

Keywords : LKD, modul pelatihan, Delphi, pengetahuan, keterampilan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: LKD, modul pelatihan, Delphi, pengetahuan, keterampilan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:32
Last Modified: 22 Sep 2022 03:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18676

Actions (login required)

View Item
View Item