ANALISIS SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TORAJA UTARA


Situru, Maria Jusanti (2022) ANALISIS SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (E-KTP) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TORAJA UTARA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042202009_tesis_15-08-20221 cover.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042202009_tesis_15-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042202009_tesis_15-08-2022.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042202009_tesis_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Maria Jusanti Situru. Analisis Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara (dibimbing oleh Musran dan Anas).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara, dan untuk mendapatkan informasi faktor-faktor yang perlu diperbaiki sebagai sumber tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pembuatan E-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara. Sampel sebanyak 100 responden. Responden tersebut merupakan masyarakat Kabupaten Toraja Utara yang dipilih secara random yang telah memiliki E-KTP. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan dengan wawancara terhadap responden dan penelitian kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi variabel.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Survey Kepuasan Masyarakat dalam pelayanan E-KTP pada Kantor Disdukcapil Kabupaten Toraja Utara untuk menilai kinerja pelayanan aparaturnya dapat dikategorikan kurang baik. Hal ini disebabkan dari total sembilan unsur penilaian, terdapat enam unsur yang mempenoleh hasil kurang baikdengan unsur minimnya kualitas sarana dan prasarana yang paling besar mempengaruhi sehingga menghasilkan kategori kurang baik; 2) Variabel yang berpengaruh paling tinggi dan dominan terhadap tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan E-KTP pada Kantor Disdukcapil Kabupaten Toraja Utara adalah unsur pertama yaitu kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya, dan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah unsur kedelapan yaitu kualitas sarana dan prasarana. Disarankan untuk memaksimalkan dan menambah jumlah alat perekaman E-KTP serta memperluas dan memberikan fasilitas kenyamanan pada ruang tunggu Kantor Disdukcapil Kabupaten Toraja Utara agar dapat meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sehingga memudahkan prosedur pelayanan pembuatan E-KTP. Dan mempertahankan kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya selaku unsur yang paling tinggi dalam penilaian survey kepuasan masyarakat pada pengurusan E-KTP di Kantor Disdukcapil Kabupaten Toraja Utara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:37
Last Modified: 22 Sep 2022 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item
View Item