Agung, Ryski Wahyuni (2020) Analisis Kinerja Sistem Antrian Servis Mobil (Studi Kasus PT. Bosowa Berlian Motor). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D22116305_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Hal_Judul1.jpg
Download (252kB) | Preview
D22116305_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_1-2.pdf
Download (1MB)
D22116305_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer)_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf
Download (341kB)
D22116305_skripsi_12-11-2020(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja sistem antrian pada servis mobil di PT. Bosowa Berlian Motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem antrian dan distribusi waktu kedatangan dan waktu pelayanan serta kinerja antriannya melalui pembuatan model simulasi antrian. Beberapa skenario sistem antrian diuji coba untuk kemudian dipilih satu skenarion terbaik yang memberikan hasil optimal. Data yang digunakan pada penelitian ini yakni data waktu kedatangan, pelayanan teller, dan pelayanan mekanik kemudian diuji distribusi dengan hasil pengujian waktu kedatangan terdistribusi eksponensial, waktu pelayanan teller terdistribusi lognormal, dan waktu pelayanan mekanik terdistribusi beta. Pembuatan skenario dengan pengurangan jumlah teller dan mekanik sebanyak 2 teller, 3 teller, 4 teller dan 8 mekanik, 9 mekanik, 10 mekanik. Skenario terpilih yakni 9 mekanik 3 teller.
Kata kunci: Sistem Antrian, Pelayanan, Simulasi, Arena, Distribusi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 19:38 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/186 |