gambaran pelayanan dan kebutuhan kesehatan lansia di instalasi rawat jalan rumah sakit universitas hasanuddin = overview of services and health needs of the elderly in the outpatient installation of Hasanuddin University Hospital


Musfirah, A. (2022) gambaran pelayanan dan kebutuhan kesehatan lansia di instalasi rawat jalan rumah sakit universitas hasanuddin = overview of services and health needs of the elderly in the outpatient installation of Hasanuddin University Hospital. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011211155_skripsi_24-08-2022 cover1.png

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011211155_skripsi_24-08-2022 1-2.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011211155_skripsi_24-08-2022 dp.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011211155_skripsi_24-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

A.Musfirah. R011211155. GAMBARAN PELAYANAN DAN KEBUTUHAN KESEHATAN LANSIA DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN, dibimbing oleh Yuliana Syam dan Andi masyitha Irwan.
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dan kemampuan lanjut usia, agar kondisi fisik, mental, dan sosialnya dapat berfungsi secara wajar. Dimana pelayanan dan kebutuhan kesehatan terdiri dari promosi kesehatan dan upaya pencegahan penyakit (preventif), peningkatan derajat kesehatan lansia agar tetap sehat, aktif, mandiri dan berdaya guna baik bagi dirinya sendiri, keluarga maupun masyarakat, upaya penyembuhan (kuratif), yang diperluas pada bidang pelayanan geriatrik/gerontologik; dan rehabilitative.
Tujuan: Untuk Mengetahui Gambaran Pelayanan Dan Kebutuhan Kesehatan Lansia Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin
Metode: Penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi deskriptif, dengan teknik wawancara mendalam terhadap sepuluh orang partisipan yang berobat jalan di poli geriatri Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.
Hasil: Pengalaman pasien dengan pelayanan dan kebutuhan kesehatan lansia dari sepuluh partisipan menghasilkan tiga tema utama yaitu: Lansia Yang Kurang Paham Dengan Pendaftaran Berbasis Online, Sarana dan Prasarana Yang Belum Memadai Untuk Lansia, Pelayanan Di Poli geriatri Tidak Profesional Dalam Memberikan Pelayanan.
Kesimpulan dan Saran: Penelitian ini memperlihatkan bahwa seluruh partisipan menginginkan adanya perubahan pelayanan setelah dilakukan penelitian. Sehingga dapat lebih memaksimalkan pelayanan atau memudahkan kepada para lansia di Poli Geriarti mulai dari pendaftaran berbasis online, sarana dan prasarana serta waktu tunggu pelayanan.

Kata kunci: pelayanan kesehatan, lansia, kebutuhan lansia.
Sumber Literatur: 22 kepustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: health services, the elderly, the needs of the elderly
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:40
Last Modified: 21 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item
View Item