ANALISIS PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK LAPANGAN BAKTI DI KABUPATEN TORAJA UTARA BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT = ANALYSIS OF PUBLIC SPACE "BAKTI FIELD" IN NORTH TORAJA REGENCY BASED ON PUBLIC PERSEPTION


Rantelabi, Osiane (2022) ANALISIS PENATAAN RUANG TERBUKA PUBLIK LAPANGAN BAKTI DI KABUPATEN TORAJA UTARA BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT = ANALYSIS OF PUBLIC SPACE "BAKTI FIELD" IN NORTH TORAJA REGENCY BASED ON PUBLIC PERSEPTION. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P052181004_tesis_24-08-2022 cover1.png

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P052181004_tesis_24-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P052181004_tesis_24-08-2022 dp.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P052181004_tesis_24-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

OSIANE RANTELABI. Analisis Penataan Ruang Terbuka Publik Lapangan Bakti di Kabupaten Toraja Utara Berdasarkan Persepsi Masyarakat. (dibimbing oleh Herman Parung dan Mimi Arifin).

Salah satu muatan yang harus ada dalam suatu tata ruang kawasan perkotaan adalah penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka publik. Ruang terbuka publik merupakan semua tempat yang dimiliki atau digunakan oleh publik, dapat diakses dan dinikmati oleh semua orang tanpa motif keuntungan. Mengidentifikasi parameter-paratemer kunci ruang publik yang berkualitas melalui persepsi masyarakat akan menjadi tolak ukur terbaik dan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi Lapangan Bakti di Kota Rantepao Kabupaten Toraja Utara sebagai ruang terbuka publik, menganalisis persepsi masyarakat terhadap penataannya, serta memberikan arahan pengembangannya. Desain penelitian ini berupa explanatory yaitu penelitian terapan yang bersifat deskriptif tanpa adanya uji hipotesis, dengan pendekatan campuran untuk memaksimalkan interpretasi setiap data dan memfasilitasi pemahaman yang lebih komprehensif tentang masalah ruang terbuka publik dan resolusi potensialnya. Menggunakan observasi terstruktur melalui kuesioner serta tidak terstruktur melalui interaksi komunikasi dan in-depth interview. Data dalam penelitian ini berbentuk kata-kata, gambar dan sedikit angka yang dianalisis dalam terminologi respon-respon individual, kesimpulan deskriptif, atau keduanya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan matriks Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator Kenyamanan Termal, Kapasitas dan Kualitas Situs berada di Kuadran I; Fasilitas tempat duduk & pujasera, Area rekreasi & bermain, serta Fasilitas penunjang berada di Kuadran II; Indikator Taman berada di Kuadran III; Indikator Jarak (waktu tempuh) dari tempat tinggal dan Ketersediaan transportasi umum berada di Kuadran IV.

Kata kunci: perkotaan; ruang terbuka publik; tata ruang; IPA matrix

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: urban; public open space; spatial; IPA matrix
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:17
Last Modified: 21 Sep 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18567

Actions (login required)

View Item
View Item