Pratiwi, Alfira (2020) Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pendidikan Menengah di Provinsi Sulawesi Barat. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E12116004_skripsi cover1.png
Download (133kB) | Preview
E12116004_skripsi 1-2.pdf
Download (347kB)
E12116004_skripsi dp.pdf
Download (5MB)
E12116004_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Alfira Pratiwi, E12116004, Departemen Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, menyusun Skripsi dengan judul “Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pendidikan Menengah di Provinsi Sulawesi Barat”. Dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Hj. Nurlinah M, M.Si. sebagai Pembimbing I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan pendidikan menengah di Provinsi Sulawesi Barat.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang menggunakan jenis data kualitatif, sehingga analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penelitian kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan pengelolaan pendidikan menengah di Provinsi Sulawesi Barat sudah terlaksana dapat dilihat dari tiga indikator yakni personel, pendanaan, serta sarana dan prasarana. Personel yakni ketersediaan guru secara kebutuhan belum mencukupi juga secara kualitas karena kurangnya guru produktif yang sesuai dengan jurusan yang ada disetiap sekolah menengah kejuruan, kesejahteraan guru yakni transfer gaji dan tunjangan guru mengalami keterlambatan, pembayaran gaji guru dan pegawai tidak tetap tidak manusiawi, dengan hadirnya kantor cabang dinas disetiap wilayah mempermudah dalam penyelesaian urusan administrasi guru. Pendanaan untuk biaya operasional termasuk gaji guru dan pegawai tidak tetap sangat kurang sejak dialihkan justru mengalami penurunan di setiap tahunnya, transfer dana bos yang menuai keterlambatan. Sarana dan prasarana terkesan cukup baik sesuai dengan standar kelengkapan sarana dan prasarana dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasra/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiah (SMP/MTs) dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), namun yang perlu dikritisi adalah jumlah dari jenis sarana dan prasarana yang masih minim.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pengelolaan Pendidikan Menengah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 03:50 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:40 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1856 |