KERENTANAN BENCANA BANJIR DI KAWASAN BERISIKO BANJIR (Studi Kasus: Pemukiman Sepanjang Hilir Sungai Bialo Kabupaten Bulukumba) = FLOOD DISASTER VULNERABILITY IN FLOOD RISK AREAS (Case Study: Settlements Along The Downstream of The Bialo River, Bulukumba Regency)


Nahdaliah, St. (2022) KERENTANAN BENCANA BANJIR DI KAWASAN BERISIKO BANJIR (Studi Kasus: Pemukiman Sepanjang Hilir Sungai Bialo Kabupaten Bulukumba) = FLOOD DISASTER VULNERABILITY IN FLOOD RISK AREAS (Case Study: Settlements Along The Downstream of The Bialo River, Bulukumba Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022201040_tesis_22-08-2022 cover1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022201040_tesis_22-08-2022 1-2.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022201040_tesis_22-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022201040_tesis_22-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

St. Nahdaliah. Kerentanan Bencana Banjir di Wilayah Berisiko Banjir (Studi Kasus: Pemukiman Sepanjang Hilir Sungai Bialo Kabupaten Bulukumba) (dibimbing oleh Ahmad Munir dan Roland A. Barkey) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kerentanan bencana banjir di wilayah sepanjang hilir sungai Bialo Kab. Bulukumba dan mengusulkan pilihan adaptasi dan mitigasi di kawasan berisiko banjir sepanjang hilir sungai Bialo di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif dan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer yang merupakan hasil kuisioner, wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Indeks Kerentanan diukur dengan mengalikan bobot dan skor masing�masing indikator. Pilihan adaptasi dan mitigasi diperoleh berdasarkan indikator penentu kerentanan banjir Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerentanan banjir di kawasan hilir sungai Bialo Kabupaten Bulukumba adalah agak rentan. Pilihan adaptasi dan mitigasi berdasarkan IKS diantaranya menekan pertumbuhan penduduk, menekan kepadatan bangunan, menetapkan kebijakan terkait larangan membangun di kawasan berisiko bencana, meningkatkan jaringan irigasi pada lahan pertanian, membuka lapangan kerja baru, memberikan pelatihan ketenagakerjaan, peningkatan sarana dan prasarana persampahan, memberikan bantuan sosial bagi keluarga tidak mampu dan kaum disabilitas dan lansia. Sedangkan pilihan adaptasi dan mitigasi berdasarkan IKA diantaranya meningkatkan jaringan listrik, menambah fasilitas pendidikan, menambah fasilitas kesehatan, meningkatkan ,infrastruktur jalan, meningkatkan sistem jaringan komunikasi serta melakukan pengerukan sungai, kanal, dan drainase.

Keywords : Kerentanan, Keterpaparan, Sensitivitas, Adaptasi dan Mitigasi Banjir

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Vulnerability, Exposure, Sensitivity, Adaptation and Mitigation Flood
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:50
Last Modified: 29 Aug 2022 01:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18518

Actions (login required)

View Item
View Item