Strategi Politik Kemenangan Sitti Sutinah Suhardi Dalam Pilkada Kabupaten Mamuju 2020


Kurniawan, Kurniawan (2022) Strategi Politik Kemenangan Sitti Sutinah Suhardi Dalam Pilkada Kabupaten Mamuju 2020. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
SKRIPSI_KURNIAWAN (E041171513) cover1.png

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
SKRIPSI_KURNIAWAN (E041171513) 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
SKRIPSI_KURNIAWAN (E041171513) dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
SKRIPSI_KURNIAWAN (E041171513).pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kurniawan. NIM E041171513. Strategi Politik Kemenangan Sitti Sutinah Suhardi Dalam Pilkada Kabupaten Mamuju 2020. Dibimbing oleh Pembimbing Utama Dr. Phil Sukri, M.Si, Ph.D dan Pembimbing Pendamping Hariyanto, S.IP, MA
Strategi politik merupakan strategi yang digunakan dalam merelealisasikan cita-cita politik. Yang dimana strategi tersebut penyusunan dan perencanaan strateginya tersusun secara terencana dengan baik dan akan diimplementasikan saat kampanye di masyarakat tentunya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kemenangan Sitti Sutinah Suhardi dalam pilkada Kabupaten Mamuju 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif analisis (analitik). Pengambilan data dilakukan dengan wawancara informan, obervasi dan dokumentasi yang terkait dengan tema yang diangkat dalam penelitian ini. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori push political marketing (pemasaran secara langsung kepada pemilih) yang turunannya itu terdiri atas kampanye dan door to door.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan oleh Sitti Sutinah Suhardi merupakan kampanye secara terbatas sehingga Sutinah dan tim koalisi pemenangannya membagi pemetaan-pemetaan wilayah yang akan mereka datangi. Sehingga Sutinah dan tim pemenangannya mempunyai akses lebih banyak ke masyarakat untuk mereka datangi saat kampanye tersebut. Dengan begitu peluang untuk dipilih oleh masyarakat pun lebih banyak. Sedangkan Door to door yang Sutinah dan tim pemenangannya lakukan hanya membagikan brosur terkait visi dan misinya, atribut-atribut kampanye seperti jam, payung, baju, masker dan sebagainya. Tanpa adanya memberikan uang kepada pemilih untuk memilih Sutinah saat pemilihan tentunya. Akan tetapi door to door yang Sutinah lakukan tersebut menguatkan apa yang ada selama ini dimana mereka masih diperhatikan seperti perhatian Suhardi Duka (ayah dari Sutinah) selama menjabat sebagai bupati dua periode tentunya di kabupaten Mamuju. Dengan door to door yang Sutinah dan tim pemenangannya lakukan, mereka menonjolkan pengaruh Ado Mas’ud sebagai putra daerah Kalukku tentunya sehingga masyarakat merasa kita harus memilih yang berasal dari daerah kita tentunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:05
Last Modified: 29 Aug 2022 01:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18486

Actions (login required)

View Item
View Item