STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MENCEGAH JATUH PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT: A SCOPING REVIEW = STRATEGIES TO IMPROVE NURSE COMPLIANCE IN PREVENTING FALLS IN PATIENTS IN HOSPITALS: A SCOPING REVIEW


Amahoru, Nur Badriani (2022) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM MENCEGAH JATUH PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT: A SCOPING REVIEW = STRATEGIES TO IMPROVE NURSE COMPLIANCE IN PREVENTING FALLS IN PATIENTS IN HOSPITALS: A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012181034_tesis_22-08-2022 cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012181034_tesis_22-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012181034_tesis_22-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012181034_tesis_22-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

NUR BADRIANI AMAHORU. Strategi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Perawat Dalam Mencegah Jatuh pada Pasien di Rumah Sakit: A Scoping Review (dibimbing oleh Syahrul dan Kusrini S Kadar)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang di gunakan perawat untuk mencegah jatuh dan peningkatan kepatuhan perawat dalam melaksanakan prosedur strategi pencegahan jatuh pada pasien di rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian Scoping review dengan Strategi pencarian yang komprehensif menggunakan beberapa database untuk menemukan studi yang relevan. Basis data dicari pada 5 database yaitu: PubMed, EBSCOhost, ScienceDirect, Proquest dan Garuda dengan melakukan pemetaan sistematis tentang strategi meningkatkan kepatuhan perawat dalam mencegahan jatuh pada pasien di rumah sakit. Studi penelitian kualitatif dan kuantitatif dipertimbangkan untuk dimasukkan. Oleh karena perkembangan teknologi yang pesat, data base yang dipilih adalah studi yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Ulasan ini hanya mencakup makalah yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Studi yang relevan dan hasil yang dilaporkan diatur dan dianalisis secara tematik. Dalam merangkum temuan artikel secara sistematis dan selektif menggunakan pedoman Joanna Briggs Institute dan pedoman pelaporan PRISMA-ScR. Hasil penelitian mengidentifikasi 3 strategi untuk meningkatkan kepatuhan perawat yang diidentifikasi dari 5 artikel yang di review yaitu: sistem identifikasi meliputi penggunaan aplikasi system informasi pencegahan pasien jatuh dan pelaksanaan ronde perjam. Pendidikan melalui diskusi refleksi kasus serta audit dan umpan balik. Pelaksanaan ronde perjam merupakan stategi yang cost effektif karena kebutuhan untuk pelaksanaan kegiatan yang tidak memerlukan materi yang besar, namun penggunaan aplikasi system informasi pencegahan pasien jatuh merupakan strategi yang memudahkan perawat dalam melaksanakan intervensi pencegahan jatuh karena lebih banyak waktu melaksakana tindakan pencegahan jatuh pada pasien. Sementara untuk mengetahui efektifitas dari setiap strategi di butuhkan kajian sistematis.

Keywords : kepatuhan perawat, strategi, pencegahan jatuh, rumah sakit

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: nurse compliance, strategy, fall prevention, hospital
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:54
Last Modified: 26 Aug 2022 07:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item
View Item