HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KECEMASAN ORANG TUA TERKAIT TINDAKAN INVASIF DI RUANG PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT (PICU) DI RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR = THE RELATION BETWEEN NURSE CARING BEHAVIOR AND PARENTS' ANXIETY RELATED TO INVASIVE ACTIONS IN THE PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT (PICU) AT RSUP. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODOMAKASSAR


Murni, Murni (2022) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KECEMASAN ORANG TUA TERKAIT TINDAKAN INVASIF DI RUANG PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT (PICU) DI RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR = THE RELATION BETWEEN NURSE CARING BEHAVIOR AND PARENTS' ANXIETY RELATED TO INVASIVE ACTIONS IN THE PEDIATRIC INTENSIVE CARE UNIT (PICU) AT RSUP. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODOMAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011211147_skripsi_22-08-2022 cover1.png

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011211147_skripsi_22-08-2022 1-2.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011211147_skripsi_22-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011211147_skripsi_22-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kecemasan merupakan sebagai ketakutan yang tidak jelas yang diikuti rasa ketidakpastian, ketidakberdayaan, serta tidak mempunyai objek yang spesifik Stuart (2016). Faktor yang dapat mempengaruhi misalnya ketika harus menghadapi prosedur invasif pada anaknya seperti pemasangan infus, pengambilan sampel darah, pemberian obat melalui injeksi, maupun prosedur invasif lainnya. Kecemasan yang dialami oleh orang tua dapat menghambat kemampuan keluarga dalam memberikan dukungan kepada anggota keluarganya yang sedang dirawat di ruang perawatan intensive sehingga membutuhkan dukungan dari orang sekitarnya termasuk perawat. Caring merupakan tindakan perawat yang menunjukan kasih sayang, empati serta ikhlas dalam merawat pasien.
Tujuan Penelitian: Yaitu mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kecemasan orang tua terkait tindakan invasif pada pasien anak di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU) di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini berjumlah 42 orang tua pasien yang anaknya menjalani perawatan di Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Instrumen yang digunakan pada variabel perilaku caring perawat menggunakan kuesioner CBI-24, sedangkan kecemasan orang tua menggunakan Kuesioner Zung self-rating anxiety scale. Uji statistic yang digunakan adalah menggunakan uji Kendall’s Tau b.
Hasil: Hasil analisis yang menggunakan uji Kendal tau b didapatkan bahwa nilai sig. 2 tailed atau p value yaitu 0.003 dengan taraf signifikan <0.05 artinya ada hubungan yang signifikan atau nyata pada kedua variabel, pada koefisien korelasi didapatkan hasil sebesar -0.331** dengan angka signifikan 0.01 artinya ada hubungan negatif pada kedua variabel
Kesimpulan dan Saran: Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan yang negatif antara variabel perilaku caring perawat dengan kecemasan orang tua pasien, hubungan negatif disebut hubungan berbanding terbalik yang bermakna bahwa semakin baik perilaku caring perawat maka semakin rendah kecemasan orang tua pasein terkait tindakan invasif. Saran untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian dengan metode kualitatif untuk menggali lebih dalam tentang faktor – faktor yang dapat menimbulkan dan menurunkan kecemasan orang tua dalam mendampingi prosedur invasif yang dilakukan pada anak.

Keywords : Kecemasan, Caring dan tindakan Invasif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anxiety, Caring and Invasive Prosedur
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:18
Last Modified: 26 Aug 2022 06:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18443

Actions (login required)

View Item
View Item