Strategi dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan (health literacy) pada Lansia dengan Penyakit Kronik: A Scoping Review = Strategies to Improve Health Literacy among Elderly with Chronic Diseases: A Scoping Review


Fitrianti, Nurul (2022) Strategi dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan (health literacy) pada Lansia dengan Penyakit Kronik: A Scoping Review = Strategies to Improve Health Literacy among Elderly with Chronic Diseases: A Scoping Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R011181007_skripsi_18-08-2022 cover1.png

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R011181007_skripsi_18-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R011181007_skripsi_18-08-2022 dp.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R011181007_skripsi_18-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Peningkatan usia harapan hidup menyebabkan tingginya prevalensi lansia di seluruh dunia. Secara fisiologis, penambahan usia seiring dengan penurunan fungsi tubuh sehingga lansia akan rentan mengalami masalah degeneratif meningkatkan prevalensi penyakit kronik. Sehingga literasi kesehatan menjadi lebih penting pada lansia dengan penyakit kronik.
Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan literasi kesehatan pada lansia dengan penyakit kronik dan perbandingannya di negara maju dan negara berkembang.
Metode: Scoping Review merupakan metode yang digunakan pada studi ini. Pencarian artikel yang terkait topik review ini dilakukan menggunakan database PubMed, ProQuest, EBSCOhost (CINAHL), Embase, Scopus, dan DOAJ yang diterbitkan selama rentang rahun 2017-2022.
Hasil: Terdapat delapan artikel penelitian yang ditinjau sesuai dengan kriteria inklusi dan yang telah ditentukan. Strategi dikelompokkan berdasarkan karakteristik negara tempat penelitian berlangsung Strategi yang dilakukan di negara maju berupa intervensi pendidikan kesehatan secara langsung, pemberdayaan pendamping lansia, dan penggunaan media komunikasi untuk mobile health, dan telehealth literacy project. Sedangkan di negara berkembang, strategi yang digunakan berupa pendidikan kesehatan menggunakan metode teach back, pemberdayaan pasangan lansia, dan relawan kesehatan desa. Hasil dari strategi tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan manajemen penyakit, kepatuhan pengobatan, dan akses informasi kesehatan.
Kesimpulan dan Saran: Metode pendidikan kesehatan dengan metode pemberdayaan terhadap pendamping/keluarga lansia efektif digunakan di negara maju dan negara berkembang, namun tidak ditemukan penelitian terkait penggunaan teknologi atau media komunikasi untuk meningkatkan literasi kesehatan lansia di negara berkembang. Peningkatan literasi kesehatan yang teridentifikasi pada tinjauan ini berupa akses informasi kesehatan, memahami informasi kesehatan, dan menggunakan informasi kesehatan. Penyedia layanan kesehatan dapat mengadopsi dan mengembangkan strategi melalui intervensi pendidikan kesehatan untuk mendukung literasi kesehatan pada lansia secara individu maupun di komunitas dengan berbagai faktor penentu kesehatan.

Keywords : Strategi, literasi kesehatan, lansia, penyakit kronik, scoping review

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategies; health literacy, elderly, chronic disease, scoping review
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:26
Last Modified: 24 Aug 2022 06:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item
View Item