Strategi Penjadwalan Perawatan Permesinan Kapal KMP. Kormomolin dengan Penerapan Dinamika Sistem


Syerly Klara, - and Surya Hariyanto, - and Muhammad Ardi Isragusra, - Strategi Penjadwalan Perawatan Permesinan Kapal KMP. Kormomolin dengan Penerapan Dinamika Sistem. JURNAL RISET & TEKNOLOGI TERAPAN KEMARITIMAN Volume 1, Nomor 1, Juni 2022.

[thumbnail of 8 JRT2K Vol. 1 No. 1 Juni 2022 v2-51-55.pdf] Text
8 JRT2K Vol. 1 No. 1 Juni 2022 v2-51-55.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)

Abstract (Abstrak)

Strategi penjadwalan perawatan sistem pendukung mesin utama memiliki peran yang sangat penting demi kelangsungan beroperasinyamesin utama dikapal.Sistempenunjangmesin utama terdiri darisistembahan bakar, sistem pelumas, dan system pendingin. Oleh karena itu apabila terjadi kegagalan pada salah satu sistemnya, kondisi ini tidak hanya berdampak pada mesin utama tetapi hal ini juga mempengaruhi operasional kapal. Dengan begitu pentingnya peran sistem penunjang mesin utama tentunya membutuhkan suatu penjadwalan perawatan yang baik sehingga dapat mencegah terjadinya kegagalan sistem. Dalam penelitian ini dianalisa dan di identifikasi kegiatan penjadwalan preventive maintenance berdasarkan efek perawatan dengan metode dinamika system. Efek perawatan didasarkan pada nilai availability dan keandalan komponen sistem pendukung mesin utama kapal. Penjadwalan perawatan berdasarkan efek perawatan dimodelkan dengan dinamika sistem. Analisa menggunakan Powersim Software dimana hasilnya menunjukkan bahwa komponen yang direkomendasikan untuk melakukan perawatan dengan nilai keandalan 0,55 atau 55% dengan peluang sukses komponen sedikit lebih tinggi dibanding peluang gagalnya. Dan dengan metode Birnbaum’s Criticality Measure dan Veselly Fussel didapatkan hasil untuk sistem bahan bakar komponen filter mempunyai tingkat kekritisan paling tinggi. Untuk sistem pelumas, komponen Oil Filter mempunyai tingkat kekritisan paling tinggi dan untuk sistem pendingin Sea chest filter mempunyai tingkat kekritisan paling tinggi. Semua jadwal perawatan ditentukan berdasarkan keandalan sistem untuk mengurangi biaya perawatan dan dalam rangka untuk menghindari terjadinya kegagalan sistem. Optimasi biaya yang didapatkan untuk sistem bahan bakar sebesar 53%, sistem pelumas sebesar 30% dan sistem pendingin sebesar 36%.

Item Type: Article
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:43
Last Modified: 23 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item
View Item